Kemenangan Telak Inggris Belum Memuaskan

(Zimbio)

VALLETTA, WOL  – Timnas Inggris tampil mengesankan saat bertandang ke markas Malta pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018, Sabtu (2/9). Sesuai prediksi, The Three Lions menang telak 4-0.

Meski demikian, Inggris baru bisa memecah kebuntuan di babak kedua pada menit 53 lewat gol Harry Kane. Menurut Jordan Henderson yang bertindak selaku kapten tim menggantikan Wayne Rooney yang sudah pensiun, timnya sempat kesulitan menembus lini pertahanan tuan rumah.

Henderson mengakui bahwa Dele Alli cs tak memiliki banyak peluang. Beruntung, Alli bermain sangat baik dan umpannya membuka skor bagi Inggris untuk kemudian dimaksimalkan oleh Kane yang juga sesama pemain Tottenham Hotspur.

“Kami tidak memiliki banyak peluang yang jelas di babak pertama. Kami tahu di babak pertama kami harus terus melakukan serangan. Tapi itu tidak membuahkan hasil apapun,” ujar Henderson.

“Pada akhirnya, Dele Alli berhasil tampil dengan tenang dan memberikan umpan kepada Harry sehingga bisa mencetak gol. Ada hal yang positif dari kami, tapi masih banyak hal yang harus dievaluasi untuk ke depan,” tambahnya.

Dalam pertandingan ini, Kane mencetak dua gol ke gawang Malta. Sementara itu, dua gol lain bagi skuad asuhan Gareth Southgate disumbangkan oleh Ryan Bertrand dan Danny Welbeck yang masuk menggantikan mantan rekannya di Arsenal dan kini berbaju Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain.

Berkat kemenangan tersebut, Inggris berada di puncak klasemen Grup F dengan koleksi 17 angka disusul Slovakia (15 poin). Selanjutnya, Inggris masih harus mengalahkan Slovakia untuk memuluskan langkahnya ke Rusia tahun depan.

Di Grup C, bertandang ke markas Republik Ceko ternyata tidak membuat Jerman gentar. Terbukti, Der Panzer mengalahkan tuan rumah 2-1 di Eden Arena berkat gol Timo Werner dan Mats Hummels. Alhasil, Jerman masih memimpin grup dengan 21 poin dari tujuh laga. Ceko sendiri ada di posisi tiga dengan 10 angka.

Hasil Kualifikasi Sabtu (2/9):
Grup C: Rep Ceko vs Jerman 1-2, Norwegia v Azerbaijan 2-0, San Marino v Irlandia Utara 0-3
Grup E: Kazakhstan v Montenegro 0-3, Denmark v Poland 4-0, Rumania v Armenia 1-0
Grup F: Lithuania v Skotlandia 0-3, Malta v Inggris 0-4, Slovakia v Slovenia 1-0

(wol/aa/bbc/ls/Rpl)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL