_
Home / Pemerintah Didesak Jalankan Instruksi PP Pelaksanaan KEK Arun
WOL Photo

Pemerintah Didesak Jalankan Instruksi PP Pelaksanaan KEK Arun

BANDA ACEH, WOL – Sejumlah mahasiswa di Aceh yang tergabung dalam Jaringan Mahasiswa Kota (JMK) mendesak pemerintah untuk segera menjalankan instruksi PP Nomor 5 Tahun 2017 tentang pelaksanaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe. Tuntutan tersebut disampaikan dalam aksi unjuk rasa di halaman Kantor Gubernur Aceh, Selasa (09/05).

Dijelaskan, PP tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak program penting kesejahteraan yang harus dilaksanakan segera. Hal ini mengacu kepada sahnya PP tersebut dengan ditandatangani Presiden RI, Ir Joko Widodo atau Jokowi pada 17 Februari 2017 dan diundangkan pada 20 Februari 2017 berdasarkan ketetapan Menkumham RI.

Ada beberapa faktor yang harus dilihat terkait KEK Arun Lhokseumawe, diantaranya adalah bahwa daerah ini telah memenuhi standar Geopolitik dan Geostrategi. Maka dengan itu secara otomatis daerah industri tersebut mampu menyerap lapangan kerja, mendongkrak perekonomian dan pemerataan penduduk serta terjadinya pertukaran tekhnologi.

“Segera jalankan instruksi PP Nomor 5 Tahun 2017 tentang pelaksanaan KEK Arun Lhokseumawe. Dan kami menolak Revisi PP Nomor 5 Tahun 2017. PP ini harus menjadi agenda prioritas seratus hari masa pemerintahan ke depan, kami juga mengecam sikap elit politik terkait perlambatan pelaksanaan PP Nomor 5 Tahun 2017 tersebut,” teriak korlap aksi, Fajrul Hamdi.

Pelaksanaan program KEK Arun Lhokseumawe melalui konsorsium BUMN dan BUMD dalam hal ini Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA) menurut peserta aksi unjuk rasa sangat rasional. Hal itu mengingat kecilnya dana Otsus yang didapat.

Maka Pemerintah Aceh sebagai pengusul jelas memiliki kewenangan besar dalam konsesi ekonomi kedepan.

 “Pemerintah ke depan harus segera mengeksekusi peraturan tersebut dengan pertimbangan dan konsekuensi yang ada, jika tidak maka semua aset industry hanya akan menjadi besi tua,” pungkas Fajrul.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kabar Gembira! Ternyata Kulit Ayam Bisa Kurangi Tekanan Darah Tinggi

MUNGKIN bagi sebagian orang, kulit ayam adalah makanan favorit mereka. Meskipun, banyak kabar miring tentang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.