_
Home / Aceh / Sengketa Pilkada Selesai, Penetapan Gubernur Aceh Terpilih Digelar 7 April
Ilustrasi (shutterstock)

Sengketa Pilkada Selesai, Penetapan Gubernur Aceh Terpilih Digelar 7 April

agregasi
agregasi

 

BANDA ACEH – Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan perkara sengketa Pilkada Aceh di Jakarta kemarin. Atas putusan tersebut, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh juga telah menetapkan jadwal penetapan Gubernur-Wakil Gubernur Aceh terpilih dalam sidang pleno.

Wakil Ketua KIP Aceh, Basri M Sabi menyebut, dalam aturan Pilkada dijelaskan penetapan kepala daerah terpilih dilakukan tiga hari setelah putusan yang dikeluarkan oleh MK bila terjadi sengketa.

“Penetapan kepala daerah untuk gubernur dan wakil gubernur Aceh akan dilaksanakan pada sidang pleno 7 April 2017, jadi kami laksanakan hari Jumat nanti,” kata Basri saat dihubungi dari Banda Aceh, Rabu (5/4/2017).

Rencananya, sidang pleno terbuka penetapan calon gubernur wakil gubernur terpilih, Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah akan dilaksanakan di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh. Penetapan juga dihadiri oleh KIP se kabupaten kota di Aceh.

Menurut Basri, penetapan gubernur wakil gubernur Aceh ini merupakan agenda terakhir yang dilakukan oleh KIP Aceh. Disamping itu setelah penetapan calon, hasil pleno kemudian diserahkan ke Pimpinan DPR Aceh.

Dalam rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KIP Aceh 25 Februari 2017 lalu, Irwandi – Nova memperoleh 898.710 suara. Sementara Muzakkir Manaf – TA Khalid meraup suara kedua terbanyak, yakni 766.427 suara.

Check Also

Caleg Gerindra Disebut Paling Banyak Gugat Rekan Sesama Partai

JAKARTA, Waspada.co.id – Partai Gerindra disebut menjadi partai dengan sengketa internal paling banyak di Mahkamah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.