Pembahasan RUU MD3 Mengarah ke Titik Temu

Istimewa

JAKARTA, WOL – Ketua Umum PPP, Romahurmuziy alias Romi mengatakan informasi terakhir soal pembahasan Revisi UU MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD) sudah mengerucut dari masing-masing fraksi di parlemen. Menurut dia, ada beberapa yang sudah mendapat titik temu pemahaman antar anggota dewan di Senayan.

“Jadi prinsip pertama pimpinan itu dibuat untuk mengambil keputusan, ketika jumlahnya genap menjadi persoalan dalam proses pengambilan keputusan,” kata Romi, Sabtu (15/4) malam.

Anggota DPR RI ini menjelaskan apabila ada penambahan untuk kursi pimpinan, lalu harus diupayakan jumlahnya ganjil sehingga kalau hari ini pimpinan DPR/MPR masing-masing jumlahnya lima orang pimpinan.

“Maka ditambah menjadi tujuh. Fraksi-fraksi yang ada disitu arahnya relatif semangatnya berbagi, yang di DPR tidak di MPR, kemudian yang di MPR tidak di DPR,” ujarnya.

Menurut dia, harapan pimpinan jika secara urut kacang kira-kira berdasarkan jumlah perolehan kursi tentu bias duduk di kursi pimpinan, baik kursi pimpinan DPR maupun kursi pimpinan MPR. “Kita lihat kesepakatan fraksi-fraksi,” jelas dia. (inilah/ags/data1)