_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Imlek, Harga Komoditas Stabil
WOL Photo/Eko kurniawan

Imlek, Harga Komoditas Stabil

MEDAN, WOL – Nuansa Imlek masih dirasakan sejumlah masyarakat yang merayakannya. Dan pada Perayaan Imlek tahun ini, sejumlah harga kebutuhan pokok terpantau stabil. Meskipun sejumlah kebutuhan pokok masih bertahan mahal. Selain Rokok yang harganya memang sudah mengalami kenaikan.

Tetapi harga daging ayam, telur ayam dan minyak goreng masih bertahan mahal. Harga kebutuhan protein lain seperti ikan dan udang juga masih belum mengalami penurunan.

“Harga daging ayam masih Rp32 ribu perkilo, padahal normalnya sekitar Rp28 ribuan perkilonya,” tutur Anto, Penjual Daging Ayam di Pasar Petisah Medan, Senin (30/1).

Dengan masih bertahannya harga-harga kebutuhan pangan perikanan, substitusi protein lain seperti daging ayam akhirnya juga mengalami kenaikan harganya.

Gunawan Benjamin, Ekonom Sumut, memandang bahwa ini karena melihat produksi beberapa komoditas juga melemah.

“Di pantauan untuk harga minyak goreng juga demikian. Dari yang sebelumnya terpantau di Rp10 ribu perkilonya, saat ini naik menjadi R12 ribuan perkilo,” tuturnya.

Harga kebutuhan pokok tersebut sudah mengalami kenaikan sejak tahun baru kemarin. Walaupun dari sejumlah harga kebutuhan pokok tersebut masih ada harga pangan yang turun.

“Seperti untuk komoditas cabai. Baik cabai merah maupun cabai rawit semuanya mengalami penurunan. Cabai merah saat ini terkendali di kisaran Rp36 ribu hingga Rp40 ribu per Kg. Sementara itu harga cabai rawit bertahan di kisaran Rp46 ribu-an per Kilogram. Meskipun harganya relatif membaik, namun harga cabai ini belum sepenuhnya normal,” jelas Gunawan.

Ditambahkan, secara keseluruhan Imlek tidak menimbulkan tekanan inflasi yang besar untuk wilayah Medan dan Sumatera Utara. Harga-harga masih terpantau stabil. Justru kenaikan harga-harga ini terjadi saat menjelang tahun baru kemarin.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ahli Fengshui: Tikus Logam Dampak Baik Bagi Perekonomian

MEDAN, Waspada.co.id – Ahli Fengshui Medan, Bambang ES tahun tikus logam (2571) diprediksi akan memberi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.