_
Home / Medan / Besok Imlek, Pekerja Bersih-bersih Vihara
WOL Photo/Eko kurniawan

Besok Imlek, Pekerja Bersih-bersih Vihara

MEDAN, WOL – Menjelang perayaan Hari Raya Imlek, seorang pekerja tampak sibuk membersihkan Patung Dewa Cu Sen Ta Ti yang merupakan Dewa Langit menurut kepercayaan umat Tionghoa di Vihara Gunung Timur, Jalan Cik Di Tiro Medan, Jumat (27/1).

Tradisi kebersihan terhadap patung-patung dewa dan seluruh ruangan vihara dilakukan setiap menjelang perayaan Imlek. Selain melakukan kebersihan, dilakukan juga pengecatan terhadap dinding-dinding vihara yang sudah mulai pudar.

‘’Kita setiap menjelang perayaan Imlek memang sudah ada tradisi kebersihan, karena katanya menurut kepercayaan orang Tionghoa dengan kita membersihkan vihara sebelum perayaan tiba, maka di Imlek tahun ini kita akan bersih dengan dosa dan selalu diberi keberuntungan oleh Dewa Langit. Dan kita juga tidak sembarangan saat akan membersihkan patung-patung dewa ini. Kita harus melakukan ritual pembersihan diri dengan memakan vegetarian,” tutur salah seorang pekerja, Wijaya.

Selain membersihkan, vihara juga diindahkan dengan pernak-pernik seperti lampion dan pohon-pohon rezeki di setiap sisi ruangan, dan persiapan ini sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum Imlek.

“Hanya saja, hari ini kita lebih persiapkan lagi, agar nanti malam dan besok, ribuan warga yang akan melaksanakan ritual sembahyang dapat berjalan dengan hikmat.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ahli Fengshui: Tikus Logam Dampak Baik Bagi Perekonomian

MEDAN, Waspada.co.id – Ahli Fengshui Medan, Bambang ES tahun tikus logam (2571) diprediksi akan memberi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.