_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / “Anggaran Negara Seret, Pemerintah Jangan Bebani Rakyat”
WOL Photo

“Anggaran Negara Seret, Pemerintah Jangan Bebani Rakyat”

MEDAN, WOL – Ketua Komisi VII Gus Irawan Pasaribu menyatakan saat ini anggaran negara sedang seret (sekarat) sehingga tidak ada jalan lain bagi pemegang kekuasaan untuk tidak mengorbankan rakyat dengan melakukan berbagai kenaikan harga komoditas strategis.

Dia mengungkapkan hal itu, Rabu (25/1), saat ditanya wartawan tentang kenaikan harga yang terus berlangsung. Ketua Komisi VII yang membidangi energi dan lingkungan hidup itu mengaku miris dengan kondisi yang terjadi.

“Memang kita lihat arahnya cenderung kepada komoditas non subsidi seperti bahan bakar jenis pertalite dan pertamax. Atau juga tarif listrik kapasitas 900 va, serta biaya administrasi STNK dan BPKB. Katakanlah itu kalangan menengah. Dengan situasi sulit seperti ini bukannya mereka akan kelimpungan juga,” tanyanya.

Belum lagi nanti akan ditambah beberapa opsi mengejar target pajak yang semuanya bersumber dari rakyat, ungkap dia. “Lantas bagaimana lagi pemerintah mencari pemasukan negara kalau bukan dari rakyat,” jelasnya.

“Saya sesungguhnya melihat pemerintah tidak punya pilihan dan terobosan untuk mengatasi keuangan negara yang lagi sekarat. Anggaran lagi seret. Jadi mereka tidak punya solusi apa pun,” tuturnya.

Gus yang juga wakil ketua fraksi Gerindra di DPR-RI menyatakan bisa dilihat misalnya pada 2016 penerimaan negara dari sektor pajak yang paling mendominasi adalah tambahan tax amnesty sekira Rp100 triliun. “Kita bisa lihat ada penambahan dari tax amnesty sampai Rp100 triliun tapi sebenarnya pencapaian negara hanya 80 persen,” ungkapnya.

Sehingga defisit yang terjadi di APBN itu mencapai 2,59 persen, kata Gus. “Kalau misalnya Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak melakukan pemotongan anggaran hingga Rp137 triliun yang dilakukan saat baru sebulan dia jadi menteri maka defisit anggaran akan mencapai 3,5 persen,” kata Gus Irawan. (sambung hal–2)

Check Also

Wakil Ketua Komisi VII: Stok SDA Sumbar Melimpah

PADANG, Waspada.co.id – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengatakan bahwa potensi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.