_
Home / Fokus Redaksi / Kapoldasu: 6 Polisi Pungli Ditangkap
(WOL Photo/Ega Ibra)

Kapoldasu: 6 Polisi Pungli Ditangkap

MEDAN, WOL – Tim Khusus pungli yang dibentuk Polda Sumut telah menangkap enam anggota kepolisian yang melakukan pungutan liar (pungli). Keenam polisi tersebut adalah petugas yang menempati pos lalu lintas.

“Kemarin kita menangkap enam orang polisi yang melakukan pungutan liar kepada pengguna jalan,” ungkap Kapolda Sumut, Irjen Rycko Amelza Dahniel, Jumat (14/10).

Dijelaskan, enam personil tersebut diamankan dari tiga tempat yang berbeda. Keenamnya diamankan dari pos polisi di Karo, Dairi dan Aceh. Mereka ditangkap saat sedang melakukan pungutan liar.

“Selain petugas kepolisian juga ada warga sipil yang diamankan,” tuturnya.

Jenderal bintang dua ini menambahkan, penangkapan calo dan maraknya calo yang diamankan petugas harus menjadi pelajaran bagi kepolisian. Polisi katanya harus melakukan pembenahan untuk bisa memberikan pelayanan publik tanpa pungli secara adil dan merata.

“Kalau mau nyapu sapunya harus bersih,” kata mantan Ketua PTIK tersebut.

Menurutnya saat ini, pelayanan publik harus menjadi priotitas utama. Apalagi katanya sesuai dengan perintah Presiden RI, Jokowi, pelayaan publik harus cepat dan akuntable.

“Media diharapkan mendukung aparat dan birokrat menuju pelayaan publik yang lebih baik,” kata lulusan terbaik Akpol tahun 1988 ini.

Polisi akan memberikan sanksi kepada petugas nakal menggunakan cara soft dan hard. Cara yang lembut adalah melakukan pembenahan dan pembenahan sedangkan cara yang keras yakni dengan melakukan penindakan.

“Saya berharap dengan kinerja yang baik, kepercayaan publik kepada polisi bisa dikembalikan, karena saat ini kepercayaan masyarakat terhadap anggota kepolisian sangat rendah,” tukas Kapoldasu.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, menjelaskan soal enam oknum polisi diamankan kemarin karena meminta uang dari kendaraan yang lewat, mulai dari pribadi hingga truk.

Namun hingga kini dia mengaku belum mengetahui berapa jumlah uang hasil pungli tersebut. Kabid Humas juga mengaku tidak hafal nama para pelakunya.(wol/roy/data1)

Editor: AGUS UTAMA

Check Also

Calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota, Ini Keinginan Jokowi

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum mengantongi nama tokoh yang sekiranya bisa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.