_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Gamawan Fauzi Penuhi Panggilan KPK
Istimewa

Gamawan Fauzi Penuhi Panggilan KPK

JAKARTA, WOL – Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik atau e-KTP.

“Ini pertama kalinya, saya belum tahu ini (materi pemeriksaan),” kata Gamawan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/10).

Selebihnya Gamawan memilih merangsuk ke dalam KPK untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus tersebut. Adapun Gamawan akan dimintai keterangannya untuk tersangka bekas Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Irman.

Bekas Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin sebelumnya menyinggung peran Gamawan terkait pengadaan e-KTP. Menurut Gamawan ikut menikmati korupsi e-KTP.

“Sekarang yang pasti e-KTP sudah ditangani oleh KPK. Kita harus percaya dengan KPK, yang pasti mendagrinya harus tersangka,” kata Nazaruddin usai diperiksa di KPK, Jakarta, Selasa (27/9).

KPK dalam kasus ini telah mengumumkan dua orang tersangka. Selain Irman, KPK terlebih dahulu menentapkan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Sugiharto sebagai tersangka.

Sugiharto sendiri hingga kini belum ditahan KPK. Dia sudah menyandang status tersangka selama 2,4 tahun. Keterangan terbaru, Sugiharto hingga kini belum ditahan karena mengaku hilang ingatan. Ketua KPK Agus Rahardjo sebelumnya mengungkapkan nilai kerugian negara akibat korupsi pengadaan e-KTP mencapai Rp 2 triliun.
(inilah/data1)

Check Also

Mendagri Tito: Kehadiran Mesin ADM Bisa Hilangkan Potensi Korupsi

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Tito Karnavian menyebut dengan diluncurkannya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.