_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Empat Kapal Vietnam Curi Ikan saat Jokowi Kunjungi Natuna
Istimewa

Empat Kapal Vietnam Curi Ikan saat Jokowi Kunjungi Natuna

agregasi
agregasi

 

NATUNA – Sejumlah kapal perang disiagakan di Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya pencurian ikan oleh nelayan asing di perairan yang dikenal memiliki banyak ikan.

Alhasil, saat ini aktifitas pencurian ikan oleh nelayan dari negara tetangga mulai berkurang.

“Tidak ada peningkatan (pencurian ikan oleh negara asing) karena sudah diberikan efek jera. Kalau tahun kemarin, hampir tiap hari kita nangkap, 2016, terakhir April, terus hari ini baru nangkap lagi,” kata Komandan Pangkalan Angkatan Laut Ranai, Kolonel Laut Arif Badrudin, Kamis (6/10/2016).

Tak disangka, saat kedatangan Presiden Joko Widodo hari ini, TNI AL menangkap kembali empat kapal penangkap ikan ilegal berbendera Vietnam di Perairan Natuna. Penangkapan tersebut terjadi pada pagi tadi.

“Ada empat kapal dari Vietnam, ditangkap KRI Lamadang dan KRI Imam Bonjol. Mereka menangkap ikannya sampai di wilayah kita,” ujar dia.

Arief tak menampik bahwa perairan Natuna memiliki daya tarik bagi nelayan asing. Selain itu, Pulau Natuna berada di lokasi yang strategis dan berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan. Oleh karena itu, perairan di sekitar Pulau Natuna ini menjadi jalur perdagangan yang strategis dan memiliki nilai ekonomi yang besar.

“Makanya wilayah perairan Natuna ini memang menjadi daya tarik bagi warga negara lain, khususnya nelayan, karena ikannya banyak. Kekayaannya juga besar, ada potensi migas,” tandasnya.

Seperti diketahui, hari ini Presiden Joko Widodo beserta jajaran Kabinet Kerja mengunjungi Pulau Natuna. Setelah menyaksikan penutupan latihan udara TNI AU, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meresmikan Bandara Ranai dan berkeliling di Natuna.

Check Also

Ciputra di Balik Pembangunan Taman Impian Jaya Ancol

JAKARTA, Waspada.co.id – Kabar duka tengah menyelimuti keluarga besar Grup Jaya dan Grup Ciputra, Ir. Ciputra ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.