Eldin Mengelak Saat Ditanya Soal Jet Pribadi

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin (WOL Photo/Ega Ibra)
Iklan

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, tampaknya menganggap sepele soal jet pribadi pejabat Pemko Medan yang menjadi berita hangat di Kota Medan belakangan ini. Saat ditanya soal jet pribadi, Eldin mengelak dan menyuruh Waspada Online balik bertanya soal banjir.

“Banjir! Banjir Medan yang kau tanya, Medan ramai-ramai kita banjir,” ketus Eldin sambil tertawa lebar dan terkesan mengejek sembari berlalu pergi masuk ke dalam mobil dinasnya, Minggu (2/10) kemarin.

Pada Minggu (2/10) kemarin, Eldin menyempatkan diri hadir pada acara HUT Tirtanadi ke-111 di Jalan SM Raja Medan. Selain wali kota, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi juga hadir memeriahkan HUT Tirtanadi.

(Baca juga: DPRD Desak Wali Kota Klarifikasi Jet Pribadi)

Seperti diketahui, pemberitaan jet pribadi menjadi berita hangat di Kota Medan. Banyak kalangan menilai ada dugaan perjalanan gelap yang dilakukan Eldin dan para pejabatnya dengan difasilitasi pengusaha Tiongkok ke luar negeri yang rentan tersandung kasus gratifikasi.

iklan

Dari foto-foto yang tersebar di media sosial (medsos), selain seorang pejabat Pemko Medan, terlihat beberapa warga turunan Tiongkok duduk di dalam pesawat jet pribadi. Foto lain, juga memperlihatkan Eldin sedang berada dalam suatu ruangan rapat yang diduga di Hainan (Tiongkok). Di ruangan tersebut  tertera nama perusahaan China Power International New Energy Hainan Co Ltd.

Sebelumnya, pihak Pemko Medan menyebutkan memang ada kunjungan Wali Kota Medan ke Taiwan yang disetujui Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Namun, Pemko Medan mengaku tidak tahu soal kunjungan lain di luar Hainan.

“Nggak tahu juga apa itu, kalo secara kedinasan yang kami tahu beliau (Dzulmi Eldin) ke Taiwan menghadiri undangan resmi,” sebut Kabag Humas Pemko Medan, Budi Hariono, menjawab Waspada Online baru-baru ini.

Uniknya, keterangan Kabag Humas Pemko Medan tersebut tidak sesuai dengan keterangan pihak Mendagri. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) dan Juru Bicara Kemendagri, Dodi Riatmadji, mengatakan kunjungan Eldin ke Hainan sudah ada izin Mendagri.

(Baca juga: Soal Hainan, Mendagri dan Pemko Beda Keterangan)

(wol/rdn/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan