_
Home / Sumut / Waspadai Cacing Hati Pada Hewan Kurban
Ilustrasi (dok. WOL Photo)

Waspadai Cacing Hati Pada Hewan Kurban

KARO, WOL – Untuk mengantisipasi penyakit pada kurban yang akan disembelih, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Karo menyiapkan tim pengawas kesehatan hewan.

“Penyakit ternak yang kerap luput dari perhatian panitia saat membeli hewan kurban adalah penyakit cacing hati. Bila jenis penyakit cacing hati ditemukan, maka disarankan untuk tidak mengonsumsi bagian hati,” kata Kadisnakkan Kabupaten Karo, Metehsa Karo-karo Purba, di Kabanjahe, Jumat (9/9).

Kadis menjelaskan penyakit cacing hati pada ternak ini sulit dideteksi masyarakat awam. Karena itu, dibutuhkan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan guna memastikan agar daging kurban yang akan dikonsumsi itu benar-benar sehat dan aman.

Menurutnya, Disnakkan sudah mengirimkan surat kepada panitia kurban yang berada di sekitar masjid di Karo, agar segera menghubungi instansi terkait bila hewan kurban sudah berada di penampungan untuk disembelih, sekaligus mensosialisasikan pemotongan hewan agar aman, sehat, utuh, dan halal (Asuh).

Dari data Disnakkan tahun 2015, hewan yang dikurbankan jenis lembu sebanyak 127 ekor dan kambing 451 ekor. Dari jumlah kebutuhan daging kurban, biasanya pedagang sudah mempersiapkan hewan yang hidup dan digemukkan sejak beberapa bulan di kandang, khusus dari peternak lokal belum ada data resmi yang sudah dirilis untuk persiapan hewan kurban.

Pengurus Majelis Tafsir Alquran (MTA) Perwakilan Karo yang juga seorang peternak kambing, Ramlan Meliala, mengatakan peternakannya yang berada di kawasan Siosar dan Tiga Binanga sudah mempersiapkan 60 ekor kambing berat hidup 20 Kg hingga 70 kg untuk hewan kurban.

Dinas Pertanian dan Peternakan Mandailing Natal juga memeriksa hewan kurban yang akan disembelih, agar warga mengonsumsi daging kurban yang sehat dan aman. Hal itu disampaikan Kadis Pertanian dan Peternakan Madina, Taufik Zulhendra Ritonga.

“Mengingat banyaknya hewan kurban didatangkan dari luar daerah, kita harus bekerja ekstra mengawasi kesehatan hewan-hewan itu,” ujarnya.(wol/aa/nz/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

2020, Pemprov Fokus di Tiga Destinasi Wisata Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Tahun 2020, selain Danau Toba, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan fokus ke ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.