Warga Medan Belawan Tagih Janji Pemko

WOL Photo

BELAWAN, WOL – Air pasang laut atau rob kembali menggenangi sebagian besar wilayah Kecamatan Medan Belawan, Jumat (2/9), sehingga aktivitas warga setempat terganggu.

Akibatnya, ribuan rumah, pertokoan, perkantoran plus sejumlah ruas jalan di Belawan juga ikut tergenang. Mayoritas kawasan di enam kelurahan di Kecamatan Medan Belawan tergenang rob dengan kedalaman berbeda.

Rob terparah di kawasan Pajak Baru Kelurahan Belawan Bahagia, Kampung Kurnia, Kelurahan Belawan Bahari, dan Kelurahan Bagan Deli. Rob juga menenggelamkan jalur rel kereta api (KA).

Meilin, warga Kelurahan Belawan Bahari, mengatakan banjir rob yang sudah kesekian kali melanda daerahnya membuat warga tidak nyaman. Selain itu menjadi kerja tambahan karena harus mengungsikan sepeda motor agar tidak tergenang air laut.

Belum lagi air pasang juga meninggalkan lumpur dan sampah. Tak heran, warga menuntut janji Pemko Medan untuk membangun tanggul sepanjang 6 km di bibir pantai laut Belawan pada 2010.

“Pemko hanya berjanji karena sampai sekarang janji itu belum terbukti,” kata Atan, warga Kelurahan Belawan I.

Awal, warga Kelurahan Bagan Deli, menambahkan bahwa pembangunan tanggul dijanjikan Rahudman Harahap yang menjabat Wali Kota Medan saat itu. Camat Medan Belawan, Rudi Lubis, membenarkan air pasang rob kerap terjadi dan menggenangi sekitar 80 persen daerah kerjanya saat puncak rob terjadi.

Ditambahkan, rencana pembangunan tanggul sepanjang bibir Pantai Belawan belum bisa terealisasi tahun ini karena petugas dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) baru meneliti ulang rencana tersebut.(wol/aa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL