_
Home / Fokus Redaksi / Timsus Selidiki Pungli Bongkar Muat Belawan Bekerja Sebulan Penuh
WOL Photo

Timsus Selidiki Pungli Bongkar Muat Belawan Bekerja Sebulan Penuh

MEDAN, WOL – Tim khusus (Timsus) yang dibentuk untuk menyelidiki dugaan pungutan liar dwelling time (waktu bongkar muat) di Pelabuhan Belawan akan bekerja selama sebulan ke depan. Operasi yang dilakukan Timsus Gabungan yang terdiri dari Dit Intelkam, Ditkrimsus dan Polres Pelabuhan Belawan ini bersifat tertutup.

“Tim sudah dibentuk dan sudah mulai bekerja. Berdasarkan surat perintah (Sprin) tim akan bekerja selama sebulan,” jelas Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Rina Sari Ginting kepada wartawan, Jumat (16/9).

Lebih jauh, Timsus juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pelindo I terkait pelaksanaan operasi ini. Koordinasi ini nantinya diharapkan bisa mempermudah kinerja tim nantinya.

Saat disinggung mengenai hasil mapping (pemetaan) yang dilakukan tim ke Pelabuhan Belawan Kabid Humas masih merahasiakan. “Itu rahasia. Tapi saya dapat informai kalau crane yang ada di sana (pelabuhan Belawan) semuanya berfungsi dengan baik,” ucapnya.

Ditambahkan, menurut informasi persoalan selama ini yang muncul di Pelabuhan Belawan adalah pungli. Namun kebenaran itu harus dibuktikan dengan operasi tangkap tangan atau temuan barang bukti. “Kalau permasalahan di sana pungli. Tapi itu kan harus dibuktikan dengan temuan barang bukti atau operasi tangkap tangan. Laporan pungli juga tidak pernah kami terima,” tukasnya.

Sebelumnya, menanggapi perintah Presiden RI Joko Widodo soal dugaan praktik pungutan liar dwelling time (waktu bongkar muat) di Pelabuhan Belawan, Poldasu sedang melakukan mapping (pemetaan) kondisi atau permasalahan di sana.

“Menurut informasi Dir Krimsus, Dir Intel dan Kapolres Belawan sedang melakukan mapping di Pelabuhan Belawan. Mapping ini penting untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya di sana seperti permasalahan, kendala dan faktor non teknis lainnya,” jelas Kabid Humas, Kombes Pol Rina Sari Ginting, belum lama ini.

Lebih jauh, Timsus yang dibentuk nantinya diproyeksikan untuk menindak segala bentuk praktik dugaan pungli di Pelabuhan Belawan. Sebab, kata Kabid Humas praktik curang tersebut langsung berdampak pada perekonomian masyarakat.(wol/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Tiket KAI Masa Angkutan Lebaran Sudah Bisa Dipesan

MEDAN, Waspada.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menjual tiket KA Reguler masa Angkutan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.