_
Home / Fokus Redaksi / Eldin Bungkam Soal Hainan, KPK Akan Tanya Eldin
Istimewa

Eldin Bungkam Soal Hainan, KPK Akan Tanya Eldin

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, tidak mau berkomentar terkait foto dirinya berada dalam satu ruangan pertemuan yang diduga berada di Hainan Tiongkok. Di dalam tersebut, tertera nama perusahaan China Power International New Energy Hainan Co Ltd.

Saat dihubungi Waspada Online, Eldin terkesan menghindar dengan tidak menjawab telepon. Kabag Umum Setda Pemko Medan, Andi Syahputra, juga terkesan menghindar pertanyaan Waspada Online.

“Nggak tahu aku, bang. Aku sakit gara-gara soal itu bang, ” ujarnya sambil menutup telepon Waspada Onlinebaru-baru ini.

Foto- foto Andi sebelumnya telah menyebar ke media sosial dan menjadi perhatian publik karena berada di pesawat jet pribadi yang diduga bersama Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan pejabat Pemko Medan lainnya.

Publik bertanya apakah keberangkatan pejabat Pemko Medan dengan menggunakan pesawat jet pribadi tersebut mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Informasi yang diterima Waspada Online, dugaan kunjungan rombongan Wali Kota Medan ke Hainan Tiongkok adalah keberangkatan lain pasca-kunjungan ke Taiwan.

Kunjungan ke Taiwan itu sendiri resmi dalam rangka menghadiri Global Harbor Cities Forum di Exhibition Center Kaohsiung pada 16 September lalu. Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Dody Riatmadji, sempat meminta Waspada Online untuk mencari data terkait kunjungan Eldin ke Hainan disetujui oleh Mendagri.

“Kalau soal seperti ini, coba aku cek dulu. Aku masih di luar,” ujar Riatmadji saat dihubungi Waspada Online, Sabtu (24/9) lalu.

Selang dua hari atau Senin (26/9) lalu, Kapuspen Kemendagri tersebut menyebutkan kunjungan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin tersebut sudah disetujui Mendagri. Dody mengatakan pihaknya telah mengecek izin kunjungan tersebut.

“Aku cek, katanya ada izin dikeluarkan bos… tapi tanggalnya beda sehari dengan kunjungan ke Taiwan,” ujar Dody.

Adanya foto Eldin di suatu ruang rapat yang diduga di Hainan juga menjadi sorotan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ketua Koordinasi Supervisi (Koorsup) KPK di Sumut, Aldinsyah Nasution, menegaskan akan menanyakan langsung hal tersebut kepada Wali Kota Medan.

“Saya akan mempertanyakan informasi itu ke Wali Kota Medan, ” ujar Choky, panggilan akrab Ketua Koorsup KPK itu. (wol/rdn/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Wujudkan Medan Cantik, Perlu Partisipasi Masyarakat

MEDAN, Waspada.co.id – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, terus menggelorakan #yokbikincantikmedan saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.