_
Home / Fokus Redaksi / BNPT: Penanganan Teroris Harus Dengan Pemahaman
WOL Photo/Lihavez

BNPT: Penanganan Teroris Harus Dengan Pemahaman

MEDAN, WOL – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Komjen Pol Suhardi Alius, mengungkapkan penanganan teroris bukan dengan kekerasan. Melainkan, dengan cara memberikan pemahaman-pemahaman kepada pelaku teror.

Selain itu, masyarakat untuk tidak mengucilkan anak-anak mantan teroris dan seharusnya anak-anak mantan teroris ini dirangkul.

“Saya berpikir bahwa pendekatan dengan membangun pesantren ini benar. Anak-anak mantan teroris ini harus dirangkul dan diberikan pemahaman tentang bahaya radikalisasi,” tuturnya saat meresmikan Pesantren Daarusy Syifaa, di kawasan Desa Mencirim, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang, Rabu (7/9).

Menurutnya, generasi muda harus diajarkan betapa Islam adalah agama yang damai. Tidak ada yang menginginkan aksi teror yang terjadi di Indonesia.

“Ada beberapa langkah BNPT mengantisipasi aksi radikalisme. Seperti, program humanis dengan merangkul anak-anak pelaku teroris. Sehingga nantinya pemuda tidak melakukan aksi teror,” tutur Suhardi.

Sementara itu, Khairul Ghozali mantan napi terorisme, menuturkan didirikannya Pesantren Daarusy Syifaa bertujuan memberikan pemahaman tentang akhlak yang dicontohkan Nabi Muhammad.

“Kita ajarkan figur Nabi Muhammad kepada anak-anak teroris. Bahwa nabi itu memiliki sifat pemaaf, santun dan cinta damai. Kita beri tahu, bahwa langkah-langkah orang tua mereka melakukan teroris salah,” ujarnya.

Ditambahkan, didirikannya Ponpes Daarusy Syifaa seluas 30 Hektar, menjadi wadah deradikalsasi bagi generasi muda yang terlibat paham radikalisme. Selain itu, juga menjadi wadah edukasi terhadap anak-anak yang orang tuanya pernah menjadi pelaku teroris.

“Saya berharap dengan adanya pesantren ini bisa memutus mata rantai gerakan teroris. Bahkan, ke depannya dapat meluruskan paham aktivis Islam yang terpapar radikalisme,” pungkas Ghazali.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

BNPT: Atasi Teror Tak Bisa Sekadar Batasi Konten Medsos

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Irfan Idris, mengatakan pihaknya sudah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.