_
Home / Sumut / SBSI Sumut: Buruh Masih Tertindas, Eldin Lupa Janji Kampanye
ilustrasi (WOL Photo/Ega Ibra)

SBSI Sumut: Buruh Masih Tertindas, Eldin Lupa Janji Kampanye

MEDAN, WOL – Wakil Ketua Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Sumatera Utara, Arsula Gultom, menyebutkan bahwa sampai saat ini Pemko Medan belum berpihak kepada buruh.

Pasalnya masih saja terjadi penindasan kepada kaum buruh di sejumlah perusahaan industri. Di mana ketika musim kampanye dulu, masing-masing calon Wali Kota Medan berucap salah satunya akan memperjuangkan nasib buruh, menerima gaji yang layak dengan menaikkan upah minimum kota (UMK).

“Adalah janji para calon itu yang kita catat ketika berkampanye dulu. Tapi apa kenyataannya sekarang, masih saja dibiarkan pelanggaran-pelanggaran terjadi yang dilakukan pihak perusahaan. Wali Kota Medan ataupun Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Sosnaker) terkesan tutup mata dengan tindakan perusahaan. Masih bayak buruh menerima gaji dibawah UMK, pelanggaran hak normatif buruh lainnya,” ungkapnya kepada Waspada Online, Jumat (26/8).

Ditambahkan, sebagai Wali Kota terpilih, Eldin ibarat Presiden di Kota Medan. Tempat mengadu masyarakat termasuk buruh.

“Menurut Eldin sebagai kepala daerah, mana buruh yang sejahtera. Tidak ada kita lihat. Malah pelanggaran yang terjadi. Terkesan, ada dugaan kolusi yang dilakukan antara perusahaan dengan Pemko Medan atau dinas terkait,” sindirnya.

Lebih parahnya lagi, Outsourcing semakin merajalela memenjarakan hak para buruh. Bukan cuma itu saja, tidak adanya penindakan dari pemerintah kota, membuat buruh semakin tertindas.

“Kita terus menyurati pemerintah supaya ada pengawasan dan penindakan yang jelas. Perusahaan-perusahaan nakal mengenai pelanggaran UU nomor 13 tentang tenaga kerja. Tapi prakteknya tidak ada. Kita tahu, mereka (Pemko Medan, red) turun juga ke perusahaan-perusahaan,” tutupnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Jaga Pasokan BBM, Pertamina Bentuk Satgas Nataru 2019

MEDAN, Waspada.co.id – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 serta untuk menjaga kendala pasokan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.