_
Home / Sumut / Warga Hanya Ingin Jembatan Permanen
foto: Waspada

Warga Hanya Ingin Jembatan Permanen

MADINA, WOL – “Kami bukan minta uang sama pemerintah, hanya minta agar jembatan gantung (rambin) menuju wilayah ini bisa diganti secara permanen. Jika Kabupaten Mandailingnatal ingin maju secara merata, pemerintah daerah harus tanggap dan secepatnya merealisasikan hajat hidup orang banyak ini.”

Demikian harapan masyarakat lima desa di seberang Batang Gadis Pasar Kotanopan Madina saat ini. Mereka berharap adanya pemerataan pembangunan. Pasalnya, meski Madina sudah 17 tahun lepas dari kabupaten induk Tapsel, jembatan rambin yang menghubungkan Desa Hutapadang, Hutarimbaru, Gunungtua, Simandolam, dan Aek Marian (Muara Potan) menuju Pasar Kotanopan masih terabaikan pemerintah.

Warga berasumsi jika sudah dilakukan peninjauan pastinya jembatan tersebut akan diperbaiki. Sebaliknya, warga yang sudah menggantungkan harapannya sejak belasan tahun lalu itu hampir berputus asa. Sampai saat ini, jembatan gantung itu belum juga diganti dengan permanen oleh pemerintah.

Fasilitas jembatan ini sangat penting. Saat ini, jembatan gantung terbuat dari tali seling, berlantai kayu yang kemudian dihubungkan dengan tiang jembatan, usianya sudah cukup tua.

Saat ini, kondisi jembatan sudah sangat memprihatinkan. Sebab, kayu yang digunakan sebagai lantai jembatan sudah mulai lapuk, bahkan paku yang digunakan sebagai pengait sudah banyak yang terlepas.

Kepala Desa Hutarimbaru, Haris Ahmad Nasution, menjelaskan sudah belasan tahun masyarakat mengeluhkan kondisi jembatan ini. Selain ukurannya kecil, usia jembatan sudah mencapai lebih 20 tahun.

Anggota DPRD Madina asal daerah setempat, M Rahim Nasution, mengakui kondisi jembatan gantung itu semakin mengkhawatirkan. Dikatakan, Pemkab Madina perlu memprioritaskan penggantian jembatan gantung itu secara khusus, karena keberadaannya sangat vital sebagai sarana transportasi masyarakat lima desa menuju ibu kota kecamatan maupun kabupaten.(wol/aa/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Hingga Oktober 2019, Kunjungan Wisman Meningkat 11,53 Persen

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Pusat Stastik (BPS) wilayah Sumatera Utara hingga Oktober 2019 kunjungan wisata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.