10 Merek Global Termahal di Dunia

foto: liputan6
Iklan

WOL – Daftar dari BrandZ mengenai merek termahal di dunia sudah dikeluarkan dan beberapa merek memang sudah diperkirakan untuk memasuki daftar ini. Ada beberapa yang menurun dan ada beberapa pendatang baru yang mungkin akan mengejutkanmu.

1. Google
Merek teknologi raksasa ini mengalami kenaikan sebanyak 32% belakangan. Yang membuatnya menjadi merek termahal di dunia menurut ranking terbaru dari BrandZ.

Orang tua perusahaan Google yang bernama Alphabet sedang merambah ke berbagai area baru termasuk mobil tanpa pengemudi dan teknologi untuk awet muda. Google memiliki Youtube, GMail dan juga Google Chrome sebagai anak perusahaannya. Pengembangan ini membuat Google mengalahkan merek nomor satu tahun lalu yaitu Apple. Google saat ini seharga US$229 milyar.

2. Apple
Berbicara mengenai Apple, nilai Apple mengalami penurunan sebanyak 8% belakangan ini.

Perusahaan ini memang menjual jutaan iPhone, tetapi para ahli mengatakan perusahaan ini memang mengalami penurunan. Salah satu yang menyebabkannya adalah komitmen Apple kepada pembeli.

iklan

“Mereka harus menciptakan hubungan emosional yang kuat dengan konsumennya,” kata Elspeth Cheung, direktur penilaian BrandZ. “Mereka memperkuat hubungan mereka dengan konsumen.” Nilai Apple saat ini sebanyak US$228 milyar.

3. Microsoft
Ini merupakan tahun kedua Microsoft mendapat peringkat ketiga. Windows 10 sangat memuaskan penggunanya. WIndows 10 dapat digunakan di dalam komputer, laptop, tablet dan telepon genggam juga dapat bekerja dengan baik di dalam produk Apple. Microsoft juga belakangan ini mengumumkan rencananya untuk virtual reality. Nilai Microsoft saat ini seharga US$122 milyar.

4. Facebook
Percaya atau tidak, ini merupakan pertama kalinya Facebook mendapatkan peringkat Top 10. Nilai mereka meningkat dengan cepat sebanyak 44% belakangan ini. Facebook meningkatkan perusahaannya dengan merambah ke banyak area yang baru.

“Masyarakat sudah tidak bersifat loyal lagi terhadap merek, kamu harus membangun sebuah ekosistem di sekitar kehidupan sehari-hari konsumennya,” kata Cheung. “Sekarang jamannya bukan hanya menghubungkan pergaulan antar teman saja. Tetapi konsumen menginginkan dihubungkan dengan seluruh dunia.” Anak perusahaan Facebook adalah Instagram dan Snapchat. Facebook dinilai seharga US$103 milyar.

5. Visa
Visa mengalami kenaikan sebanyak 10% dibandingkan tahun lalu. Meskipun Visa sudah lama beredar, Cheung mengatakan bahwa Visa sedang mencoba mengembangkan cara pembayaran.

Dikutip dari CNN, belakangan ini diumumkan bahwa visa sedang melakukan tes terhadap ‘cincin debit’ yang akan menggantikan kartu debit sekarang ini. Sekarang Visa seharga US$ 101 milyar.

Peringkat empat diduduki oleh AT&T. AT&T merupakan perusahaan telekomunikasi di Amerika. Peringkat 7, 8, 9 dan 10 diduduki oleh Amazon, Verizon, McDonald’s dan IBM secara berurut. (wol/nia)

Iklan