_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Sudirman Jamin Nias Sumatera Utara Tidak Gelap
ilustrasi

Sudirman Jamin Nias Sumatera Utara Tidak Gelap

 

JAKARTA,WOL – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjamin, sistem kelistrikan di Pulau Nias, Sumatera Utara tidak akan gelap pasca perusahaan yang memiliki pembangkit listrik memutus kontrak dengan pihak PT PLN (Persero).

American Power Rent (APR) merupakan pemilik dua PLTD berkapasitas 20 mw yang selama ini mengaliri listrik ke Pulau Nias. Akan tetapi, kesepakatan pengaliran listrik akan diberhentikan lantaran pihak PLN tidak melunasi utang.

“Hari ini pak dirjen sedang ada di Nias, sengaja kita kirim untuk mengecek di lapangan,” kata Sudirman di Kantornya, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Sudirman menyebutkan, Dirjen Ketenagalistrikan Jarman ke Nias untuk memastikan masa transisi listrik yang sebelumnya dialiri oleh PLTD miliki APR ke sistem yang baru milik PLN.

“Jadi kita ingin yakin bahwa bersama tidak ada kekurangan pasokan daya, kedua, sistemnya langsung nyambung ketika vendor lama (APR) itu menarik pembangkitnya,” tambahnya.

Menurut laporan PLN, kata Sudirman, BUMN kelistrikan tersebut tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan usai APR menyetop pasokan listriknya ke Pulau Nias.

“Kalau dari laporan PLN sih kelihatannya cukup aman, tapi kan kita juga perlu second recheck. Bagaimanapun ganti sistem itu kan perlu persiapan,” tutupnya.

Diketahui, total tagihan utang PLN kepada APR Energy sekira Rp90 miliar, dan baru sekitar Rp50 miliar yang telah dibayarkan, sedangkan sisanya sebesar Rp40 miliar harus dibayarkan pada 27 Mei 2016 atau sesuai dengan kontrak kerjasama yang telah disepakati.

(hls/wol/data3)

Check Also

Judika dan Andmesh Kombinasi Suara Emas Talenta ‘Goncang’ Medan Malam Ini

MEDAN, Waspada.co.id – Menyambut Hari Listrik Nasional tepatnya Senin (27/10) besok, Perusahaan Listrik Negara (PLN) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.