_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Pembangkit Swasta Mengulah, KESDM Siapkan Solusi Listrik Nias
Ilustrasi (foto: ist)

Pembangkit Swasta Mengulah, KESDM Siapkan Solusi Listrik Nias

JAKARTA, WOL – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyiapkan rencana kedua atau plan B untuk memastikan masyarakat Kepulauan Nias tetap teraliri listrik. Sikap ini menyusul kejadian pemilik pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) di Kepulauan Nias, PT American Power Rent (APR) yang sempat menghentikan pasokan listrik di sana.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman mengatakan, pihaknya merencanakan untuk menyiapkan pasokan listrik di luar yang biasanya dipasok oleh APR.

Menurutnya, pasokan listrik tersebut harus sudah terpasang listrik yang harus sudah memenuhi permintaan (demand) yakni 26 megawatt (mw). Dia menuturkan, pemerintah sudah memasang listrik berkekuatan 17 Mw di luar kapasitas APR yang 20 Mw. Dengan demikian, total pasokan listrik yang akan beroperasi di Kepualuan Nias adalah 37 Mw.

“Bahwa Nias itu harus tetap nyala harus ada plan B. Plan B-nya itu bahwa di luar APR harus sudah terpasang listrik yang harus sudah memenuhi demand, kita lihat demand-nya kan 26 Mw. Kita kirim ke sana inspektur yang ngecek setiap hari. Sampai status kemarin itu sudah ada 17 Mw, di luar APR yang 20 Mw. Jadi, total yang sekarang itu kemampuannya sudah beroperasi 37 Mw. Enggak masalah,” ujarnya di Jakarta, Jumat (20/5/2016).

Selain itu, pihaknya juga akan memasok listrik berkapasitas 6 mw untuk Kecamatan Idano.

“Sekarang sedang di-install di Idano 6 mw plus lagi sedang dalam perjalanan ini sampai besok 6 mw yang akan dipasang,” imbuh dia.

Dengan demikian diharapkan pada akhir Mei akan ada tambahan listrik berkapasitas 12 mw. Sehingga total kapasitas listrik di Kepualaun Nias menjadi 49 mw.

“Diharapkan akhir Mei akan ada tambahan kapasitas 12 mw. total nanti ada 49 mw kalau nanti dikurangi 20 mw itu masih memenuhi demand 26 mw,” pungkasnya.(hls/data2)

Check Also

Pisah Sambut Kapoldasu, Martuani: Jangan Pernah Lupakan Polda Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Dalam acara malam pisah sambut Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormanin berharap kepada Komjen ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.