_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Warga China ke Indonesia Berdalih Turis Lalu Kerja
foto: kabarnusa

Warga China ke Indonesia Berdalih Turis Lalu Kerja

BEIJING, WOL – Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F. Sompie mengungkapkan 196 warga negara Tiongkok dipulangkan dari Indonesia, selama tiga bulan pertama 2016 karena pelanggaran keimigrasian dan lainnya.

“26 warga Tiongkok lainnya, tengah menjalani proses hukum,” katanya di Beijing seperti dilansir Antara.

Ronny mendampingi Menko Polhukam Luhut Pandjaitan yang memimpin delegasi Indonesia dalam dialog kelima bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia-Tiongkok serta rangkaian pertemuan bilateral lainnya pada 26-27 April 2016.

Ia mengemukakan, sebagian besar warga Tiongkok ke Indonesia menggunakan visa turis. “Sambil sebagai turis, dia melihat-lihat peluang kerja atau kegiatan lain di Indonesia, dan biasanya mereka datang dengan berkelompok,” ujarnya.

Ronny menambahkan, mereka rata-rata ‘overstay‘ juga selama satu bulan. Sebagian mereka bekerja di pertambangan, pabrik semen baru, pembangkit tenaga listrik.

Adapun terkait lima WNA Tiongkok yang mengaku karyawan Geo Mining Central (GMC) yang tertangkap saat melakukan kegiatan ilegal di area Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, ia mengatakan mereka sudah diperiksa dan hasilnya memiliki izin tinggal terbatas untuk kepentingan bekerja di Indonesia.

“Jadi masih dicek, pelanggaran-pelanggaran Keimigrasian apa yang mereka lakukan selain masuk ke lokasi Halim di kompleks TNI AU,” ulasnya.(antara/data2)

Check Also

Ada Penumpang Kapal Westerdam Positif Corona, 27 dari 362 WNI Pulang ke Indonesia

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan 27 orang dari total 362 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.