_
Home / Fokus Redaksi / Wali Kota: Kita Akan Pertahankan Lapangan Cadika!
WOL Photo

Wali Kota: Kita Akan Pertahankan Lapangan Cadika!

MEDAN, WOL – Kasus akan hilangnya salah satu aset Pemko Medan yakni lapangan Pramuka Cadika yang beralamatkan di Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor, dibantah keras oleh Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin.

Orang nomor satu di Pemko Medan ini mengatakan, pihaknya akan melakukan upaya hukum melalui Peninjauan Kembali (PK) terhadap lahan yang sempat bersengketa itu.

“Masih banyak upaya yang akan kita lakukan terhadap lahan tersebut, salah satunya adalah PK,” ucapnya singkat, Senin (11/4).

Menurut Eldin sepanjang masih ada upaya hukum yang akan dilakukan, pihaknya tetap akan mempertahankan aset tersebut. “Sepanjang masih ada upaya hukum yang dapat dilakukan, kenapa tidak,” tandasnya.

Sebelumnya Kabag Hukum Pemko Medan, Sulaiman Harahap, saat dikonfirmasi membenarkan kalau pihak MA telah memenangkan Mustika Akbar sebagai pemilik yang sah atas lahan di Bumper Cadika. Namun Sulaiman mengaku kalau pihaknya akan mengajukan PK.

Seperti diketahui keberadaan Bumi Perkemahan Cadika di Jalan Karya Wisata Medan Kelurahan Pangkalan Masyhur Kecamatan Medan Johor terancam lepas dari aset Pemko Medan.

Hal ini menyusul telah dimenangkannya Mustika Akbar sebagai pemilik Lahan seluas 25,4 Hektar lebih oleh Mahkamah Agung (MA) pada Tahun 2014 lalu.

Dari penelusuran wartawan, sejumlah putusan MA memenangkan Pemko Medan atas kepemilikan lahan yang selama puluhan tahun digunakan menjadi bumi perkemahan Pramuka. Keputusan tersebut antara lain keputusan bernomor 2914 K/Pdt/2000 Tanggal 22 Januari 2003.

Kemudian diteruskan dengan keputusan bernomor 268 PK/Pdt/2004, tertanggal 30 Agustus 2005, No.1461 K/Pdt/2002 Tanggal 13 Maret 2003, No.201 PK/Pdt/2004 Tanggal 18 Mei 2005, No.1462K/Pdt/2002 Tanggal 13 Maret 2003 dan  Nomor 202 PK/Pdt/2004 Tanggal 18 Mei 2005.

Dalam amar putusannya, MA menegaskan sertifikat hak pengelolaan lahan yang berada di Kelurahan Pangkalan Mashyur, seluas 254,293 M2, terletak di Jalan Karya Wisata, Kelurahan Pangkalan Mashyur Kecamatan Medan Johor, terdaftar atas nama Pemko Medan adalah sah hak milik Pemko Medan.

Sementara itu Ketua Komisi D DPRD Medan H, Sabar Samsurya Sitepu mengatakan, Cadika itu sudah jadi aset Pemko Medan setelah diserahkan Pemkab Deliserdang berdasarkan PP No 22 Tahun 1973 tentang perluasan Kota Medan. “Kalau tidak salah Hak Pengguna Lahan (HPL) No 1. Kok tiba-tiba muncul pula ada yang ingin merampas aset Pemko Medan,” kesalnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Jelang UNBK Ortu Keluhkan “Pengadaan Laptop”, Dewan Desak Disdik Medan Antisipasi

MEDAN, Waspada.co.id – Diperkirakan tanggal 20 April – 23 April 2020 mendatang seluruh siswa siswi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.