Papan Reklame Milik Hypermart dan Supplier Alkes Dibongkar

WOL Photo/M. Rizki

MEDAN, WOL – Tim Terpadu Penertiban, Penindakan dan Pembongkaran Papan Reklame terus bekerja membersihkan papan reklame yang berdiri di atas 13 zona larangan, Kamis (27/4) malam kemarin.

Kali ini giliran dua papan reklame jenis bando di Jalan Kapten Maulana Lubis dan Raden Saleh yang dibongkar.

Pembongkaran pertama dilakukan terhadap papan reklame berukuran 4 x 3 meter milik Metrum Alkestron, supplier alat-alat  kesehatan (alkes) di Jalan Raden Saleh. Lantaran ukurannya terbilang kecil, tim pun dengan mudah menumbangkannya. Tak sampai satu jam, papan reklame sudah rata dengan tanah.

Kemudian tim terpadu membongkar papan reklame di Jalan Kapten Maulana Lubis, persis depan Palladium Plaza. Selain cukup tinggi, lokasinya pun berdekatan dengan dinding kaca Palladium Plaza. Akibatnya tim terpadu sempat kesulitan membongkar papan reklame berukuran lebih kurang 4 x 6 meter milik Hypermart Supermarket tersebut.

Kadis Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Medan, Syampurno Pohan, didampingi Kabid Pengendalian dan Pemanfataan Tata Ruang, Indra Siregar, sempat memarahi anggota di lapangan yang awalnya menolak membongkar papan reklame yang berdiri berdampingan dengan dinding kaca Palladium Plaza lantaran takut tersenggol dan pecah. Namun, Kepala Dinas dua zaman ini tetap ngotot agar papan reklame tersebut harus dirobohkan.

Syampurno menjelaskan, setelah 8 hari penertiban dilakukan, pihaknya telah menumbangkan 24 dari 68 papan reklame yang berdiri di 13 zona larangan. Dengan demikian papan reklame yang belum dibongkar tinggal 44 unit lagi, dan tidak tebang pilih.

“Tudingan itu tidak benar, 44 papan reklame yang tersisa pasti kita bongkar seluruhnya. Tinggal menunggu giliran saja, sebab  peralatan dan personel yang kita miliki terbatas. Pokoknya setiap malam ada papan reklame yang kita bongkar,” kilahnya menyikapi kritikan pengamat Tata Kota Sumut dan Dirut PT Multigrafindo pada berita sebelumnya. (wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN