_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Nias Gelap Gulita, PLN Klaim Beres Bayar Kontrak
foto: kpkpost

Nias Gelap Gulita, PLN Klaim Beres Bayar Kontrak

JAKARTA, WOL – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menegaskan, pemadaman lsitrik di Nias  Sumatera Utara selama dua hari  bukan karena adanya tunggakan pembayaran uang sewa PLTD milk swasta.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin mengatakan, perseroan telah melunasi kewajiban sesuai dengan kontrak yang ada.

“Kami pastikan kewajiban PLN telah sesuai dengan kontraknya, untuk wilayah Nias, PLN tidak mempunyai tunggakan dan semua tagihan yang masuk telah diselesaikan pembayarannya oleh PLN,” kata dia di kantor pusat PLN, Senin (4/4/2016).

Untuk diketahui, PLN memiliki kontrak sewa Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan PT Kutilang Paksi Mas (KPM) dan Amerika Power Rental (APR). Kontrak tersebut berakhir pada 25 Maret 2016. Pembayaran tahap I telah dilakukan pada 23 Maret 2016 sebesar Rp9 miliar, sisanya pembayaran tahap II telah dilakukan pada 1 April 2016 sebesar Rp9 miliar.

Dia melanjutkan, kewajiban PLN terhadap penyedia sewa telah dipenuhi, namun pada tanggal yang sama pihak penyedia sewa PLTD tiba-tiba menghentikan operasinya. Penyedia sewa PLTD Nias melakukan pemutusan sepihak secara tiba-tiba dua hari sebelum jatuh tempo, seharusnya sesuai kontrak dua bulan sebelum jatuh tempo.

Seperti diketahui, pemadaman listrik terjadi di wilayah Nias karena 2 unit pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) berkapasitas 2 x 10 megawatt (MW) berhenti beroperasi.

“Penghentian operasi mesin secara sepihak sangat disesalkan karena hal ini berhubungan dengan pelayanan listrik PLN kepada para pelanggan di Nias yang terpaksa harus mengalami pemadaman,” cetus Amir.(hls/data2)

Check Also

Miris, Desa Silogun di Madina Belum Ada Aliran Listrik

MEDAN, Waspada.co.id – Miris, ternyata masih ada daerah yang belum dialiri listrik di wilayah Sumatera ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.