Menteri ESDM Tinjau Proses Pemulihan Listrik di Nias

foto: Waspada

GUNUNGSITOLI, WOL – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, bersama H Gus Irawan Pasaribu yang juga Ketua Komisi VII DPR RI meninjau proses pelaksanaan pemulihan krisis listrik di Pulau Nias, Kamis (14/4).

Pada kunjungannya, Sudirman bersama Gus Irawan didampingi Direktur Bisnis PT PLN Regional Sumatera, Amir Rosidin, dan disambut Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM meninjau lokasi PLTD Idanoi di Desa Dahana, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

“Kedatangan kita ke Pulau Nias untuk melihat langsung situasi dan proses pemulihan listrik. Kita berharap PLN bekerja cepat dan listrik di Pulau Nias normal kembali,” ujar Menteri ESDM.

Sudirman mengungkapkan rasio elektrikasi di Kepulauan Nias baru mencapai 47 persen. Penambahan mesin pembangkit listrik ini diharapkan dapat meningkatkan rasio elektrikasi hingga 80 persen dalam tiga tahun ke depan.

H Gus Irawan Pasaribu menyampaikan apresiasi langkah cepat dari PT PLN dalam menangani krisis listrik di Kepulauan Nias. Dia minta pemerintah memberi perhatian khusus dalam program penambahan sumber energi listrik di daerah itu sehingga kebutuhan masyarakat dalam kelistrikan dapat terwujud seperti di daerah lain.

Bupati Nias, Drs Sokhiatulo Laoli MM, menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat dalam menangani krisis listrik yang sempat meresahkan masyarakat. Bupati berharap pemerintah senantiasa terus memberi perhatian dalam pembangunan kelistrikan di daerah tersebut.

Direktur Bisnis PT PLN Regional Sumatera, Amir Rosidin, menjelaskan langkah pertama pemulihan kelistrikan di Pulau Nias telah selesai dilakukan dan saat ini kondisinya sudah normal seperti sebelumnya.

“Mesin PLTD sudah beroperasi kembali, sehingga listrik di Pulau Nias telah normal. Kita juga sedang memasang mesin berdaya 8 MW dari Langsa untuk cadangan,” ungkap Amir.

Selain tambahan mesin berdaya 8 MW dari Langsa, PLN akan membangun PLTGB berdaya 25 MW yang bersebelahan dengan lokasi PLTD Idanoi. Mesin PLTGB berdaya 25 MW dipesan dari luar negeri dan posisinya kini sudah berada di Singapura.

Untuk mengatasi masalah jaringan, PLN tahun ini membangun tower jaringan transmisi dari Gunungsitoli menuju Teluk Dalam. Tahun 2017, PLN menargetkan untuk membangun tower jaringan transmisi dari Gunungsitoli menuju Nias Utara.(wol/aa/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL