_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Menteri ESDM Ingatkan PLN Soal Listrik Nias
WOL Photo

Menteri ESDM Ingatkan PLN Soal Listrik Nias

JAKARTA, WOL – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, mengingatkan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), terkait pemadaman listrik yang terjadi sejak Jumat 1 April 2016, di Nias, Sumatera Utara (Sumut), karena PLN belum melunasi tunggakan pembayaran kepada APR Energy selaku pemasok listrik.

Sudirman mengharapkan, agar PLN menjaga kepercayaan publik dengan terus meningkatkan kualitas pelayanan.

“Kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat harus dijaga dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Inilah esensi dari pelayanan publik,” kata Sudirman dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (4/4).

Sudirman meminta PLN untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak untuk mengantisipasi dan menyelesaikan setiap kendala dengan baik.

Nias sudah mengalami pemadaman listrik sejak Jumat 1 April 2016. Pemadaman listrik yang terjadi di Nias, disebabkan oleh dua pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) sewa 2×10 megawatt (MW) yang berada di Nias berhenti beroperasi. Kedua mesin PLTD itu terletak di Moawo 10 MW dan Idanoi 10 MW.

Saat ini, PLN tengah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi pemadaman yang berlangsung di antaranya mengirimkan genset-genset yang ada di seluruh wilayah Sumut, serta melakukan peminjaman genset dari wilayah Sumatera Barat.

Rencana genset yang dikirim ke Nias adalah 17 genset dengan total kapasitas 1,25 mega vol ampere (MVA). Genset tersebut diambil dari seluruh area di wilayah Sumut, di antaranya dari Sibolga 6×50 kilo volt ampere (kVA), Binjai 3×100 kVA, Pematang Siantar 1×100 kVA, Padang Sidimpuan 2×100 kVA+50 kVA, Medan 1×100 kVA, Lubuk Pakam 1×100 kVA, Rantau Prapat 1×100 kVA.(vvn/data2)

Check Also

IIPE 2019, PLN & REI Jalin Kerjasama

MEDAN, Waspada.co.id – Layani sambungan baru listrik perumahan, PT PLN Unit Induk Wilayah Sumut dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.