_
Home / Medan / Komisi A Desak PT Mabar Elektrindo Hentikan Operasional
energitoday.com

Komisi A Desak PT Mabar Elektrindo Hentikan Operasional

MEDAN, WOL – Komisi A DPRD Sumut, mendesak PT Mabar Elektrindo untuk menghentikan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Paluh Kurau, Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD Sumut, Sarma Hutajulu, karena perusahaan tersebut belum melengkapi izin operasional sebagaimana yang disebutkan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

“Mereka baru memiliki izin yang sangat minim, belum sempurna, karena sebahagian izin itu baru bersifat rekomendasi ke pemerintah pusat,” cetus Sarma, Selasa (12/4).

Ia menyebutkan beberapa izin yang belum dilengkapi PT Mabar Elektrindo di antaranya izin pengerukan galian, izin penutupan anak-anak sungai, bukti alas hak kepemilikan tanah, dan izin ketenagakerjaan asing. Bahkan perusahaan asing tersebut juga belum memiliki izin lokasi terminal dan pelabuhan khusus yang seharusnya direkomendasikan Bappeda.

“Karena itu kita meminta kepada semua pihak untuk melihat kasus ini secara konfrehensif. Dan PT Mabar Elektrindo kita minta hentikan operasionalnya. Namun jika semua perizinan yang diamanahkan undang-undang sudah dipenuhi, maka oke lanjutkan pembangunan PLTU itu,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Terhadap berbagai permainan perizinan yang menyangkut keimigrasian, Sarma mengharapkan pemerintah pusat untuk menjawab keinginan undang-undang itu dengan tegas dan transparan.

“Kita mengharapkan pemerintah pusat segera menjawab semua rekomendasi yang diusulkan pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Gubernur Sumatera Utara. Apakah izin diberikan atau menolak rekomendasi tersebut,” ujar Sarma.

“Kita juga akan mengagendakan rapat dengar pendapat Komisi A bersama PT Mabar Elektrindo secara khusus. Karena ini menyangkut semua perizinan yang menjadi tupoksi komisi A. Begitu juga laporan petugas imigrasi tenaga kerja asing yang ada di perusahaan ini juga hanya dilaporkan 83, namun di dalam laporan yang disampaikan hanya 32,” bebernya.(wol/cza/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Tiket KAI Masa Angkutan Lebaran Sudah Bisa Dipesan

MEDAN, Waspada.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menjual tiket KA Reguler masa Angkutan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.