Kemenhub Klaim Selesaikan 91 Pelabuhan di 17 Provinsi

foto: istimewa

JAKARTA, WOL – Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan pembangunan dan pengembangan 91 pelabuhan yang tersebar di 17 Provinsi di Indonesia.

Dari total 91 pelabuhan tersebut, 80 pelabuhan dibangun di wilayah timur Indonesia, sedangkan sisanya 11 pelabuhan dibangun di wilayah barat Indonesia.

Pembangunan dan pengembanganpelabuhan yang difokuskan di wilayah timur Indonesia adalah sebagai perwuju dan Kementerian Perhubungan dalam mendukung program Nawa Cita Ketiga Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI dan Nawa Cita Ketujuh, yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis domestik.

Sebagai penjabaran dari Nawa Cita tersebut, maka kebijakan dan strategi Sektor Transportasi Laut salah satunya adalah membangun sistem dan jaringan transportasi laut yang terintegrasi untuk mendukung investasi pada Koridor Ekonomi, Kawasan Industri Khusus, Kompleks Industri dan pusat-pusat pertumbuhan lainnya di wilayah non-koridor ekonomi.

Adapun sumber dana yang digunakan untuk membangun 91 infrastrukur pelabuhan tersebut bersumber dari dana APBN dengan total investasi senilai Rp4,26 triliun.

Advertisement

Berikuta dalah daftar 91 pembangunan infrastruktur pelabuhan yang siap diresmikan,diharapkan sebanyak 35 pelabuhan dapat diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia dalam waktu dekat, antara lain :

No.ProvinsiJumlah PelabuhanNama Pelabuhan
1.Aceh2Pelabuhan Singkil dan Calang
2.Sumatera Utara3Pelabuhan Barus, Tanjung Tiram dan Sirombu
3.Sumatera Barat1Pelabuhan Tua Pejat
4.Bangka Belitung1Pelabuhan Sadai
5.JawaTimur2Pelabuhan Panarukan dan Sapeken
6.Nusa Tenggara Timur15Pelabuhan Papela, Lamakera, Waiwerang, Terong, Komodo, Wuring, Palue, Ba’a, Naikliu, Maurole, Kolbano, Kendidi Reo, Pota, Atapupu dan Larantuka
7.Kalimanatan Barat1Pelabuhan Sukadana
8.Kalimantan Tengah1Pelabuhan Kuala Jelai
9.Sulawesi Utara21Pelabuhan Kakarotan, Manitingting, Torosik, Tanjung Sidupa, Matutuang, Makalehi, Sawang, Dapalan, Essang, Para, Marampit, Petta, Kawaluso, Lipang, Bukide, Kahakitang, Kalama, Tahuna, Buhias, AmurangdanKawio
10.Gorontalo1Pelabuhan Bumbulan
11.Sulawesi Barat2Pelabuhan Budong-budong dan PasangKayu
12.Sulawesi Tengah7Pelabuhan Moutong, Parigi, Bungku, Teluk Malala, Ogoamas, Mantangisi dan Una-una
13.Sulawesi Selatan4Pelabuhan Balang Lompo, Sapuka, MacciniBajidanKalukalukuang
14.Sulawesi Tenggara7Pelabuhan Maligano, Wanci, Bungkutoko, Molawe, Bau-bau, Batu Atas dan Langara
15.Maluku11Pelabuhan Batu Merah, Upisera, Lirang, Seira, Marsela, Wolu, Adault, Damar, Tutu Kembong, Wonreli dan PulauTeor
16.Maluku Utara11Pelabuhan Galala, Tobelo, Sopi, Subaim, Busua, Bobong, Falabisahaya, Gita, Kedi, Pelitadan Saketa
17.Papua Barat1Pelabuhan Wasior
TOTAL91 Pelabuhan

(hls/data2)