Erry: Media Malaysia dan Indonesia Harus Saling Dukung

WOL Photo

MEDAN, WOL – Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu), Tengku Erry Nuradi, menerima  kunjungan puluhan wartawan asal Negeri Perak Malaysia di rumah Dinas Gubernur, Medan , Jumat (19/2). Pada kunjungan media asing itu, Plt Gubsu mengharapkan hubungan silahturahim antara media Malaysia dan Sumatera Utara pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dapat berkembang dan saling mendukung menjadi kekuatan regional.

Sebanyak 38 wartawan asing yang melakukan kunjungan jurnalistik tersebut dipimpin Setia Usaha Agung Persatuan Kontraktor Melayu Malaysia Datuk Wira  Samaluddin Bin Abdul Rahim. Hadir para pengurus PWI Sumatera Utara, Kepala SKPD, dan  jurnalis unit Kantor Gubernur Sumatera Utara.

Pada pertemuan, Plt Gubsu menyaksikan penandatangan kerjasama antara PWI Sumatera Utara dengan Kelab Sukan dan Kebajikan Media Negeri Perak Malaysia. Penandatanganan dilakukan Ketua PWI Sumut Hermansjah SE, dan Kelab Sukan dan Kebajikan Media Negeri Perak Malaysia, Wan Asrudi Wan Hasan.

“Melihat perkembangan yang semakin menggembirakan dalam hubungan Indonesia dengan Malaysia, terutama Sumatera Utara yang berbatasan langsung dengan negara serumpun ini, saya berkeyakinan kerjasama media massa ke depan akan semakin baik,” ujar Plt Gubsu.

Plt Gubsu mengungkapkan bahwa dalam peta penanaman modal asing di Sumatera Utara hingga saat ini investor asal Malaysia masih tercatat paling banyak dalam realisasi jumlah proyek dan jumlah nilai investasi. Jadi tampak jelas, lanjutnya,  dalam konteks pembangunan daerah, pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat berkepentingan agar kerjasama dengan Malaysia dapat lebih kuat lagi.

Advertisement

Erry kemudian mengajak rombongan wartawan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di Sumatera Utara dan dapat menyampaikan informasi kepada khalayak luas di negara asal. “Kami berharap kehadiran rekan media bisa memberitakan hal positif tentang Sumut termasuk tempat wisata, kuliner, heritage, dan lainnya. Dengan demikian akan lebih banyak wisatawan Malaysia berkunjung ke Sumut,” imbuh Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry memaparkan berbagai kemajuan yang dicapai Sumatera Utara dan berbagai rencana pengembangan. Di antaranya pengembangan Kawasan Khusus Danau Toba, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, pengembangan Kawasan Industri Alumunium, Pelabuhan Kuala Tanjung, dan sebagainya.

Ketua Rombongan Setia Usaha Agung Persatuan Kontraktor Melayu Malaysia, Datuk Wira H Samaluddin Bin Abdul Rahim, mengatakan tali silahturahim Indonesia dan Malaysia dapat kekal selamanya. Karena, menurutnya, sebagian besar warga Malaysia saat ini adalah berasal dari keturunan Indonesia.

“Kakek saya berasal dari Pekalongan dan Ibu saya asal Bugis,” ujar Datuk Wira yang sudah 27 tahun berbisnis di Sumut ini.

Ketua PWI Sumut, Hermansjah, mengungkapkan kerjasama yang disepakati dengan Persatuan Warawan Negeri Perak Malaysia terkait dengan pemberlakuan MEA. Pihaknya dalam waktu dekat akan membalas dengan melaksanakan kunjugan jurnalis ke Negeri Perak Malaysia.

“Terselenggara pertemuan ini juga masih dalam suasana Hari Pers Nasional yang jatuh setiap 9 Februari, yang merupakan hari lahir PWI,” ujarnya.(wol/rdn/data1)