_
Home / Fokus Redaksi / “Tak Seharusnya Wakil Rakyat Malas-malasan”
WOLPhoto/Ega

“Tak Seharusnya Wakil Rakyat Malas-malasan”

MEDAN, WOL – Setelah hari pertama kerja awal tahun 2016 tingkat kehadiran minim, hari ini, Selasa (5/1), kinerja anggota DPRD Medan kembali menjadi sorotan. Rapat Badan Musyawarah (Banmus) pun hanya segelintir anggota dewan yang hadir.

Menurut pengamatan awak media di lantai II gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, di ruang rapat Badan Anggaran (Banggar), hanya tiga anggota dewan yang hadir diantaranya Waginto, Hj Hamidah dan Umi Kalsum. Rapat yang sejatinya di mulai pukul 10.00 wib molor satu jam.

Setidaknya tujuh kali panggilan terhadap anggota dewan yang terhormat oleh operator yang bertugas mengingatkan soal rapat melalui pengeras suara. Saat pemanggilan ketiga terlihat anggota DPRD Medan Andi Lumbangaol memasuki ruang rapat. Tidak lama berselang Wakil Ketua DPRD Medan dari Fraksi Gerindra Ihwan Ritonga hadir dan langsung mengisi kursi yang kosong.

Tak berselang lama, operator kembali menyampaikan pemanggilan ulang agar para pimpinan dewan dan anggota Banmus hadir untuk mengikuti rapat diruang Banggar. Setelah pemanggilan ke enam, satu persatu anggota dewan yang terhormat ini bermunculan diantaranya Beston Sinaga, Kuat Surbakti, Rajudin Sagala, Hasyim, Wong Cun Sen, Bahrumsyah dan Kepala Bappeda Kota Medan Zulkarnain.

Sedangkan tiga pimpinan DPRD Medan lainnya yakni Henry Jhon Hutagalung, Iswanda Ramli dan Burhanuddin Sitepu tak juga hadir sehingga Ihwan Ritonga langsung membuka rapat, usai operator memanggil untuk yang ke tujuh kalinya.

Atas ketidakhadiran Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung, menurut Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, karena sedang berobat ke Penang. Sedangkan dua pimpinan lainnya tidak diketahui kabarnya.

“Kalau Ketua Henry Jhon kebetulan lagi berobat ke Penang,” ungkapnya yang menjabat sebagai Pelaksana Harian Ketua DPRD Medan.

Sementara itu terkait rendahnya tingkat disiplin para wakil rakyat ini mendapat sorotan dari pengamat Ilmu Politik, Arifin Saleh Siregar.

Menurutnya, tidak seharusnya para wakil rakyat yang digaji dengan uang rakyat tersebut malah menunjukan sikap bermalas-malasan. Apa yang diperlihatkan para wakil rakyat ini merupakan cerminan dari gagal pahamnya mereka terhadap tugas dan fungsi yang dipercayakan masyarakat.

Apalagi dalam menentukan agenda kegiatan di DPRD Medan. Menurut Arifin, melalui rapat Banmus inilah ditentukan sejumlah kegiatan dewan dalam rangka mengaplikasikan tiga fungsi mereka.

“Seharusnya wakil kita itu tidak perlu lagilah berkutat dengan persoalan kedisiplinan. Seharusnya ada hal yang lebih besar lagi bisa dibuat. Apalagi menghadiri rapat-rapat termasuk Rapat Banmus. Kita berharap prihal buruk termasuk masalah kedisiplinan ini ditinggalkan,” pungkasnya. (wol/mrz/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

DPRD Medan Siap Berkolaborasi Dengan Kejari Belawan

MEDAN, Waspada.co.id – DPRD Medan jajaki kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Belawan terkait perlunya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.