_
Home / Fokus Redaksi / Sudah 6 Orang Mendaftar Jadi Calon Rektor USU
usu.ac.id

Sudah 6 Orang Mendaftar Jadi Calon Rektor USU

MEDAN, WOL – Panita Penyaringan dan Penjaringan Calon Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) mencatat sebanyak enam orang sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon rektor, Senin (4/1).

Keenam pendaftar tersebut antara lain Prof Runtung Sitepu (Dekan Fakultas Hukum USU), Drs Muhammad Takari M Hum PhD (Ketua Program Studi Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya USU), Tumpal Victor SH M Hum, Dr T H Siregar dari Balit (Badan Penelitian) Sei Putih, Prof Zulkifli Nasution (Pembantu Rektor I USU), dan DR Anbu Anbulagan (dosen senior dari University of New South Wales, Canberra, Australia).

Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor USU, Panusunan Pasaribu, mengatakan Zulkifli Nasution mendaftar pada tanggal 31 Desember 2015. Sedangkan pelamar dari Canberra tersebut mendaftar melalui email yang diterima oleh Panusunan pada Kamis, 31 Desember 2015, pukul 10.59 waktu Australia.

“Tapi keduanya belum memulangkan berkas,” kata Panusunan.

Panusunan juga menyebutkan, dari seluruh pendaftar tersebut, baru Runtung Sitepu yang mengembalikan berkas formulir pendaftaran calon rektor USU periode 2016-2021.

Sebagaimana dikabarkan, USU membuka pendaftaran bakal calon rektor mulai tanggal 28 Desember 2015-8 Januari 2016. Ketua Panitia Pemilihan Rektor USU H Panusunan Pasaribu, Jumat (25/12), menerangkan bahwa pemilihan rektor dilakukan melalui empat tahap yang diawali dengan penjaringan dan penyaringan bakal calon.

Selanjutntya, nama-nama bakal calon rektor yang telah mendaftar akan diseleksi berdasarkan persyaratan umum dan khusus pada 11-12 Januari dan hasilnya diumumkan pada tanggal 13 Januari 2016.

“Tahapan kedua, pemaparan program kerja masing-masing bakal calon yang dijadwalkan pada 18 Januari 2016 di Auditorium USU. Kemudian tahapan ketiga, penyaringan bakal calon rektor oleh Senat Akademik pada 19 Januari 2016 untuk mencari tiga nama calon yang akan dipilih oleh Majelis Wali Amanat USU,” terangnya.

Setelah itu, pada tahapan keempat baru dilakukan pemilihan dan penetapan rektor USU oleh Majelis Wali Amanat (MWA) yang dilaksanakan pada 21 Januari 2016.

“Siapa saja boleh mendaftar untuk menjadi bakal calon rektor dengan syarat memenuhi kriteria umum dan khusus yang telah disepakati MWA USU,” imbuh Panusunan.

Ia juga berharap seluruh elemen masyarakat dapat menjaga terciptanya iklim pemilihan yang damai dan kondusif agar USU dapat menjadi lebih baik sebagaimana yang diharapkan masyarakat Sumut. (wol/cza/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Hingga Oktober 2019, Kunjungan Wisman Meningkat 11,53 Persen

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Pusat Stastik (BPS) wilayah Sumatera Utara hingga Oktober 2019 kunjungan wisata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.