_
Home / Aceh / Nelayan Aceh Terbantu Harga Solar Turun
Ilustrasi/WOL Photo

Nelayan Aceh Terbantu Harga Solar Turun

LHOKSEUMAWE, WOL – Para nelayan di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, menyambut gembira terhadap kebijakan pemerintah menurunkan harga bahan bakar solar, sehingga bisa menghemat biaya melaut.

Panglima Laot (lembaga adat laut Aceh) Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Dahlan di Lhokseumawe, mengatakan kebijakan tersebut sangat membantu kalangan nelayan dan meringankan biaya operasional untuk melaut.

Pemerintah telah menurunkan harga BBM sejak Selasa (5/1), sehingga harga solar turun dari Rp6.700 menjadi Rp5.650/liter.

“Kami sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam menurunkan harga BBM, karena sangat membantu kami. Sehingga untuk sekali melaut, biaya operasionalnya bisa lebih murah dan semoga harga minyak seperti ini bisa terus bertahan, serta tidak lagi naik,” ujar Dahlan, Kamis (07/1).

Ditambahkan, biasanya boat (perahu) jenis ukuran kecil, untuk sekali melaut membutuhkan biaya Rp500 ribu untuk kebutuhan solar.

Namun sejak terjadinya penurunan harga BBM, biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan tersebut hanya cukup Rp300 ribu.

Begitu juga dengan kapal ikan yang berkapasitas besar, sebelum turunnya harga BBM membutukan biaya sebesar Rp1 juta untuk melaut, namun sekarang hanya berkisar Rp700 ribu sampai Rp800 ribu.

“Coba bayangkan di saat harga BBM masih mahal, setelah beli minyak kemudian kami harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli es batangan, sehingga biaya yang dikeluarkan cukup tinggi. Alhamdulillah sekarang sudah cukup terbantu,” tutur Dahlan.

Salah seorang nelayan di Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Faisal menambahkan, pemerintah diharapkan tidak lagi menaikkan harga harga minyak, meskipun disaat harga minyak dunia mengalami kenaikan harga.

“Minyak solar ini merupakan kebutuhan utama bagi kami kalangan nelayan, apabila harga terus naik, maka sangat menyengsarakan kami. Semoga pemerintah bisa terus memberikan subsidi bagi minyak jenis solar,” ujar Faisal.(wol/ant/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Konsumsi BBM Subsidi Melonjak

MEDAN, Waspada.co.id – Kuartal I Tahun 2019, PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mencatat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.