_
Home / Pemilu / DPT Ganda Banyak Ditemukan Dalam Pilkada Gunung Sitoli
WOL Photo

DPT Ganda Banyak Ditemukan Dalam Pilkada Gunung Sitoli

JAKARTA, WOL – Kuasa Hukum pasangan calon (paslon) Nomor Urut 1 Martinus Lase dan Kemurnian Zebua Pilkada Gunung Sitoli Nias Sumatera Utara menemukan adanya DPT ganda dengan nama, tanggal lahir dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sama tetapi memiliki hak suara untuk memilih lebih dari satu kali dengan TPS yang berbeda.

Hal tersebut diungkapkan Derisalim Telaumbanua, kuasa hukum pemohon dalam sidang gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHP Kada) Pilkada Gunung Sitoli di Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta.

Pada sidang PHP Kota Gunung Sitoli dengan nomor perkara 33/PHP. KOT-XIV/2016, Derisalim Telaumbanua menyampaikan dalil-dalil permohonan kepada Majelis Hakim yang dipimpin oleh Wakil Ketua MK Anwar Usman.

Pelanggaran yang paling jelas, ungkap Derisalim, adanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda dengan nama, tanggal lahir, dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sama tetapi memiliki hak suara untuk memilih lebih dari satu kali dengan TPS yang berbeda.

Hal tersebut, diungkap pemohon, terjadi di hampir seluruh kecamatan di Gunung Sitoli. “Estimasi DPT yang tidak memenuhi persyaratan sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan mencapai sekitar 7.000 surat suara,” tuturnya.

Selain itu, kata Derisalim, terjadi pencoblosan yang dilakukan oleh pihak yang sudah tidak bertempat tinggal di kota Gunung Sitoli. Pemohon juga menemukan fakta terjadi kekurangan surat suara di Kecamatan Gunung Sitoli Barat sebanyak 100 lembar surat suara.

“Lainnya, terjadi perusakan pada kotak suara di tingkat TPS yang terjadi di Kecamatan Gunung Sitoli Idanoi. Terlihat kotak suara telah dilakban setelah sebelumnya kotak suara itu diduga sengaja dirusak oleh salah satu pasangan calon,” ungkap Derisalim.(hls/data1)

Check Also

Papua Disebut Wilayah Berpotensi Konflik di Pilkada 2020

JAKARTA, Waspada.co.id – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan TNI akan dilibatkan dalam pengamanan pilkada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.