_
Home / Aceh / Din Minimi: Kami Percaya Kepada Presiden Jokowi
Ilustrasi (WOL Photo/Chairul Sya'ban)

Din Minimi: Kami Percaya Kepada Presiden Jokowi

IDI RAYEUK, WOL – Mantan Pimpinan kelompok bersenjata api, Nurdin Ismail alias Din Minimi bersama ratusan anggotanya hingga hari ini masih terus setia menunggu amnesti dari Presiden RI, Joko Widodo. Ia berharap penuh amnesti segera direalisasikan sebagaimana yang telah dijanjikan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Sutiyoso.

Minggu siang (3/1), wartawan Waspada Online wilayah Aceh, Chairul Sya’ban mengunjungi langsung kediaman Din Minimi di Desa Ladang Baro, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur. Jarak menuju rumah Din lumayan jauh, terpaut sekitar 10 kilometer dari pusat Kecamatan Julok. Dengan menggunakan sepeda motor yang diantar oleh warga, Waspada Online tiba dilokasi.

Kediaman Nurdin Ismail alias Din Minimi di Desa Ladang Baro, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur. (WOL Photo/Chairul Sya'ban)
Kediaman Nurdin Ismail alias Din Minimi di Desa Ladang Baro, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur. (WOL Photo/Chairul Sya’ban)

Namun, berjarak sekitar 200 meter dari rumah Din Minimi, belasan pemuda gagah yang merupakan anggota Din Minimi memberhentikan kenderaan yang ditumpangi Chairul. “Assalamu’alaikum, Hoe neujak bang? Ngensoe Peureule? (Assalamu’alaikum, mau kemana bang? Perlu dengan siapa?)”, tanya salah satu anggota Din Minimi dengan bahasa Aceh pasif.

Setelah menjelaskan secara singkat, anggota tersebut langsung saja mempersilahkan kedatangan Waspada Online dan menyambut baik. “Okey geut bang, silahkan tamoeng dan tuleh beurayeuk pue-pue tuntutan kamoe (Oke bang silahkan masuk, dan tulis yang besar apa-apa saja tuntutan kami),” katanya lagi.

Tiba di lokasi, Din Minimi dan Ketua Achenesse Australia Association (AAA), Tgk Sufaini Syekhy langsung menyambut baik kedatangan Waspada Online. “Alhamdulilah kaleuh neutroh neujak keuno bang, nyokeuh kediaman lon bang. (Alhamdulillah sudah sampai datang kemari bang, inilah kediaman saya bang),” sambut Din Minimi ramah tamah plus senyum sumringah.

Beberapa saat kemudian, sambil menikmati kopi hangat yang disediakan keluarga Din Minimi, ia berbincang singkat kepada Waspada Online. Menurut Din Minimi, Jokowi tidak mungkin berkilah. Dan ia percaya bahwa Jokowi tetap akan memberikan amnesti kepadanya dan ratusan anggotanya, termasuk beberapa anggotanya yang kini sedang dalam jeruji besi.

“Saya percaya dengan Pak Jokowi, saya yakin amnesti akan segera dikeluarkan oleh Pak Jokowi, kami tetap setia menunggu. Lagi pula di Pusat kan masih duduk juga mereka untuk bahas soal amnesti ini. Pastinya kami tetap desak tuntutan kami direalisasi,” ujar Din Minimi.

Mantan Pimpinan kelompok bersenjata api ini bahkan sempat berbicara langsung dengan Jokowi via handphone. Pembicaraan itu, menurut Din, menggunakan handphone Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Sutiyoso.

Din meminta empat hal, yaitu meminta reintegrasi eks kombatan, memberikan perhatian kepada korban konflik, merealisasikan MoU Helsinki termasuk pembentukan Komisi Bersama Penyelesaian Klaim, serta meminta aparat kepolisian dan TNI menghormati perjuangan mereka dalam menuntut keadilan seperti yang ditandatangani di Helsinki.

Oleh karena itu, dari pembicaraan itulah yang membuat dirinya yakin bahwa Presiden Jokowi akan mengabulkan permohonannya yaitu memperoleh amnesti. Dan saat ini pula, Din Minimi sedang menyusun daftar orang yang dianggap berhak menerima amnesti tersebut.

Ia menyebutkan, ada sekitar 41 orang anggotanya yang terlatih. Namun, pemberi informan dan pencari dana banyak. Lima orang diantaranya sekarang ditahan di Rutan Idi Aceh Timur, dua di Polres Aceh Utara.

“Mereka Insya Allah akan kita upayakan mendapat pengampunan dari Presiden. Khusus untuk anggota yang sudah meninggal dalam kontak tembak dengan aparat keamanan, saya akan bertanggung jawab penuh dan mengupayakan kesejahteraan untuk keluarga yang ditinggalkan,” tambah Din Minimi dengan senyum sumringah kepada Waspada Online.

Ia juga menyebutkan, bahwa sejak awal mereka berjuang bukan untuk pribadi. Yang mereka tuntut adalah kesejahteraan rakyat Aceh pasca perdamaian MoU Helsinki 2005 silam. Di sela-sela perbincangannya dengan Waspada Online, Din Minimi tiba-tiba dihubungi lewat handphone oleh juru runding atau seorang Mediator MoU Helsinki Special Advisor AMM, Juha Christensen.

Kata Din, Juha menelponnya untuk menanyakan kabar setelah beberapa hari turun gunung. Hal ini pun didengar langsung oleh mantan Gubernur Aceh Periode 2007-2012, Irwandi Yusuf saat bersilaturrahmi ke rumah Din Minimi.

“Pak Juha tanyak bagaimana kondisi saya sekarang ini pasca turun gunung, ya saya jawab bahwa saya sehat-sehat saja. Beliau juga berpesan agar saya tetap sabar menunggu amnesti dari Presiden, kemudian meminta saya untuk tetap dirumah dan tidak bepergian jauh,” ucap Din Minimi.

Nurdin Ismail alias Din Minimi (kiri) sedang berbincang dengan mantan Gubernur Aceh Periode 2007-2012, Irwandi Yusuf yang sengaja mengunjungi kediamannya di Desa Ladang Baro, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (3/1). (WOL Photo/Chairul Sya'ban)
Nurdin Ismail alias Din Minimi (kiri) sedang berbincang dengan mantan Gubernur Aceh Periode 2007-2012, Irwandi Yusuf yang sengaja mengunjungi kediamannya di Desa Ladang Baro, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (3/1). (WOL Photo/Chairul Sya’ban)

Irwandi Yusuf dalam hal ini sangat mengapresiasi Din Minimi turun gunung dan mengapresiasi Letjen (Purn) Sutiyoso yang telah menjemput langsung Din Minimi untuk turun gunung kembali ke masyarakat biasa. Pria yang akrab disapa Tgk Agam ini tiba dikediaman Din Minimi sejak Minggu dini hari.

Usai bercengkrama, Irwandi Yusuf pun meninggalkan tempat, pada pukul 17.00 WIB, ia bersama rombongannya pamit pulang. Ditengah jalan, terpaut sekitar 200 meter dari rumah Din Minimi, Irwandi menyempatkan diri untuk berpose dengan beberapa anggota Din Minimi yang sedang piket menerima kedatangan tamu.

Bak artis dadakan, mantan Gubernur Aceh yang juga pilot pesawat pribadi ini berdiri gagah di tengah-tengah anggota Din Minimi untuk berpose. (wol/chai/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Presiden Jokowi Resmi Teken Amnesti Baiq Nuril

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memberikan amnesti kepada terpidana kasus pelanggaran Undang-Undang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.