2 Faktor Penyebab Wisatawan Malas ke Danau Toba

foto: Istimewa

MEDAN, WOL – Ketua Komisi D DPRD Sumut, Muchrid Nasution mengharapkan masyarakat di kawasan Danau Toba memperbaiki kultur negatif guna membangun sektor pariwisata di daerah tersebut.

Muchrid menilai, kultur negatif menjadi salah satu faktor yang menyebabkan wisatawan enggan berkunjung ke objek wisata di Sumatera Utara itu.

Ia mencontohkan, kultur negatif tersebut berupa adanya kesan penipuan dalam proses perdagangan yang dijalankan oleh pelaku usaha.

“Banyak masyarakat yang kecewa membeli oleh-oleh dari sana karena harganya mahal. Udah gitu beratnya pun nggak sesuai kalau ditimbang,” terang politisi Golkar ini, Jumat (15/1).

Lebih lanjut, ia sendiri pernah menjadi salah satu ‘korban’ penipuan ketika menikmati makanan di daerah tersebut. Hal itu dikarenakan harga yang ditetapkan tidak sesuai dengan makanan yang dinikmati.

“Jadi kulturnya tidak sehat. Orang jadi malas ke sana,” imbuhnya.

Selain itu, kondisi kebersihan juga menjadi pemicu kesan lingkungan yang kurang sehat. Muchrid mengungkapkan, ada aroma tidak sedap ketika berada di Danau Toba. Ia menilai, salah satu penyebab yang perlu dibenahi adalah keramba.(wol/cza/data2)

Editor: SASTROY BANGUN