18 Januari Pemaparan Program Kerja Calon Rektor USU

WOL Photo

MEDAN, WOL – Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara menjadwalkan pemaparan program kerja oleh delapan calon rektor USU yang telah ditetapkan pada 18 Januari mendatang di Gedung Auditorium.

Ketua MWA USU, Todung Mulya Lubis mengatakan, ada beberapa hal yang akan dinilai dari para calon saat pemaparan nanti diantaranya yang mutlak adalah pengetahuan tentang UU Tentang Perguruan Tinggi, Statuta USU (PP Nomor 16 Tahun 2014), rencana strategis USU, dan rencana jangka panjang USU. “Itu semua harus dibaca oleh para calon,” kata Todung, Kamis (14/1).

Disinggung terkait adanya warisan kekuasaan dan kekuatan di tubuh USU di masa lalu yang di masa kini masih tertinggal dan bahkan membentuk kubu, Todung menanggapi dingin.

“Kita kalau melihat USU ke depan. Jangan melihat USU ke belakang. Ya, oke. Yang pasti Senat Akademik tidak hidup dalam ruang hampa. Tidak ada yang confidential. Semua bisa diketahui,” ujarnya.

Tentang adanya calon-calon yang menjanjikan jabatan kepada para anggota senat yang memilihnya, Todung menjawab, “Saya tidak ingin berpikir begitu. Bahwa ada janji jabatan, itu bukan isu yang harus dipercaya. Dan saya kira belum tentu dia menang kalau pun dia menjanjikan jabatan.”

Lebih lanjut Todung berharap, atas kondisi USU saat ini, rektor USU terpilih nanti perlu meningkatkan akreditasi agar USU bisa sejajar dengan universitas negeri lain di Indonesia.

“Perubahan yang selama ini tidak berhasil untuk menempatkan USU sejajar dengan yang lain. Kalau USU tidak bisa berkompetisi dan kalah, saya kira saya harus kecewa,” katanya.(wol/cza/data1)

Editor: SASTROY BANGUN