Rusia akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Ilustrasi PLTN. (Foto: Reuters)
Agregasi
Agregasi

 

JAKARTA, WOL – Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) melakukan penandatanganan kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) dengan perusahaan bahan bakar yang berada di bawah naungan Rosatom, TVEL.

Hal ini dilakukan dalam rangka kerjasama Rusia-Indonesia di bidang teknologi pembangkit tenaga listrik.

Kepala Batan Djarot Wisnubroto mengatakan, sebagai salah satu pemain utama dalam pasar bahan bakar nuklir, TVEL merupakan perusahaan berpengalaman untuk memastikan proyek nuklir untuk tenaga listrik bisa aman dan efisien.

“Oleh karena itu ini memberikan dasar kuat bagi kami untuk melakukan kerjasama. Kami juga ingin mengimplementasikan proyek bersama partner ini di bidang teknologi untuk tenaga nuklir,” jelasnya di Jakarta, Senin (14/12).

Sementara itu, Deputi Perkembangan Korporasi dan Binis Internasional Rosatom, Kirill Komarov, mengatakan pihaknya siap membangun sebuah pembangkit listrik yang aman dan modern dan tentunya memberikan keuntungan nantinya.

“Kami sangat menghargai keinginan Indonesia untuk membangun kerjasama dengan Rusia di bidang teknologi nuklir ini. Oleh karena itu, perusahaan bahan bakar kami siap memberikan sebuah solusi modern dan aman bagi pembangkit listrik Indonesia,” tandasnya.(hls/data2)