_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / “Pemantau Asing Perlu Melihat Demokrasi di Indonesia”
Wakil Presiden Jusuf Kalla (foto: ist)

“Pemantau Asing Perlu Melihat Demokrasi di Indonesia”

JAKARTA, WOL – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemantau asing perlu melihat pelaksanaan Pilkada serentak pada Rabu 9 Desember 2015 guna mengetahui langsung demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik dan transparan.

“Saya berterima kasih karena Indonesia perlu anda semua untuk melihatnya sebagai bukti bahwa demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik, transparan dan akuntabel,” kata Wapres saat membuka Election Visit Program for Head of Regional Election 2015, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (8/12).

Para peserta election visit terdiri dari pemantau asing seperti penyelenggara Pemilu dari luar negeri antara lain Malaysia, Thailand, Srilanka, Bangladesh, Filipina dan Australia serta 25 duta besar negara sahabat, lembaga internasional dan nasional pemerhati dan pegiat pemilu dan dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia serta kementerian dan lembaga terkait.

Para peserta election visit tersebut akan memantau jalannya pemilihan di wilayah Tangerang Selatan.

“Anda akan lihat di sana bagaimana perempuan di Indonesia sangat dihargai karena ada calon kepala daerah perempuan. Ini menjadi bukti bahwa keterbukaan dalam demokrasi dan gender,” tambah Wapres Kalla.

Menurut dia, keterlibatan pemantau pemilihan, baik asing maupun lokal, menjadi penting karena setiap langkah demokrasi perlu diamati dan disaksikan agar semua yang dilakukan transparan dan terbuka.

Situasi tersebut untuk menjamin hak-hak masyarakat dalam memberikan hak suaranya dilakukan dengan baik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengatakan, peserta election visit akan mengikuti pemaparan penyelenggaran Pilkada 2015, dan akan melakukan kunjungan ke tempat pemungutan suara di Tangerang Selatan.

“Kunjungan ini mudah-mudahan dapat menjelaskan pada semua peserta apa yang telah kita lakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilu,” ujar Husni Kamil Manik.(inilah/data1)

Check Also

Papua Disebut Wilayah Berpotensi Konflik di Pilkada 2020

JAKARTA, Waspada.co.id – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan TNI akan dilibatkan dalam pengamanan pilkada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.