Trik Mengatasi Asap Tebal dari Knalpot Motor

turbonesia.com

WOL – Pernahkah Anda menemui gejala motor yang knalpotnya mengeluarkan asap tebal, padahal itu adalah motor 4tak? Tentu pernah, bukan?

Lantas, mengapa hal itu terjadi?
Knalpot yang berasap sejatinya dibedakan menjadi dua, yakni asap hitam dan asap putih. Jika motor Anda knalpotnya berasap hitam, hal tersebut bukanlah masalah besar. Artinya masih tidak berbahaya jika digunakan.

Asap hitam pada knalpot disebabkan oleh mesin membakar bahan bakar terlalu banyak (boros) bisa karena setingan angin/co terlalu boros atau karena pengapian yang tidak maksimal.

Bagaimana cara mengatasinya?
Anda hanya perlu memeriksa filter udara, setelan angin karburator/co untuk injeksi, busi, dan juga komponen sensor, injek bahan bakar sertas fuel pressure regulator. Jika dibiarkan pun sebenarnya tidak apa-apa, hanya saja tidak enak dipandang dan bisa membuat kantong Anda jebol karena makin boros.

Yang kedua adalah asap putih. Munculnya asap putih pada knalpot bisa jadi tanda bahaya pada mesin. Mengapa? Karena ada oli yang ikut terbakar. Biasanya jika oli ikut terbakar, asap gas buang berwarna putih.

Advertisement

Jika oli mesin ikut terbakar, jelas itu akan memakan jatah oli pada mesin. Sehingga oli akan cepat habis. Anda pun dituntut agar peka, segera periksa untuk bagian ini. Apabila oli mesin sampai habis tanpa ketahuan, maka akan sangat fatal akibatnya pada kinerja dan umur mesin. Tak hanya itu saja, ruang bakar juga akan dipenuhi oleh kerak yang sangat tebal. Hal tersebut membuat ruang bakar menjadi sempit dan pembakaran tak lagi sempurna.

Jadi, jangan anggap remeh asap putih yang keluar dari knalpot motor Anda. Segera periksakan motor di bengkel langganan Anda. Semoga bermanfaat.(merdeka/data1)