_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Kadin Akan Bahas Persiapan MEA
Istimewa

Kadin Akan Bahas Persiapan MEA

JAKARTA, WOL –  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan membahas peningkatan daya saing dalam Rapat Kerja Nasional 2015. Agar industri siap menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kadin, Amir Karamoy menuturkan, adanya perdagangan bebas di MEA, membutuhkan peningkatan daya saing. Salah satunya dengan memperkuat perdagangan luar negeri dan menjadi pelaku aktif.

“Kami ingin mengusulkan dalam mengeluarkan kebijakan, pemerintah harus mengaitkan dengan peningkatan daya saing Indonesia, termasuk untuk MEA agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar,” ujar Amir di Jakarta, Minggu (18/10).

Rakernas 2015 Kadin Indonesia bidang Perdagangan dan Hubungan Luar Negeri digelar pada Senin (19/10). Dalam forum ini, Kadin akan merangkum sejumlah permasalahan ekonomi di antaranya terkait industri sawit, otomotif serta baja.

Selanjutnya, kata Amir, materi yang dinilai menarik dan akan dibahas adalah perdagangan di perbatasan, antarpulau dan kemaritiman. Selain itu, rakernas akan membahas paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pada September hingga Oktober 2015 serta dampaknya terhadap bidang perdagangan Indonesia, akan dibahas pula dalam kesempatan tersebut.

Pemanfataan perdagangan melalui sistem elektronik, termasuk e-commerce, ujar Amir, juga akan menjadi bahasan penting karena akan menjadi hal utama dalam kekuatan perdagangan dunia.

E-commerce masa depan kita. E-commerce berhubungan dengan regulasi yang dibuat untuk kepentingan nasional, tentu harus memberi manfaat yang sebesar-besarnya,” kata dia pula.

Rakernas Kadin 2015 dijadwalkan akan dihadiri Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Ketua Umum Aprisindo Roy N Mandey. (inilah/data2)

Check Also

Cedera Evan Dimas Kunci Kemenangan Vietnam

MANILA, Waspada.co.id – Timnas U-22 harus rela membawa pulang medali perak sepakbola SEA Games 2019, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.