_
Home / Medan / Polisi Ringkus Spesialis Maling Rumah Mewah
WOL Photo/lihavez

Polisi Ringkus Spesialis Maling Rumah Mewah

MEDAN, WOL – Unit Reskrim Polsek Medan Barat meringkus seorang tersangka pelaku spesialis rumah mewah di Jalan kepribadian No.19, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat milik Iskandar Winata, Kamis (24/9) malam.

Informasi yang di dapat Waspada Online, Jumat (25/9) menerangkan, tersangka bernama Tio Purwanto Sijabat (20) warga Jalan Parapat, Simpang Dua Siantar, Kabupaten Simalungun.

Dijelaskan, penangkapan terhadap pelaku atas laporan masyarakat adanya maling yang diamankan warga sekitar ketangkap tangan hendak melakukan aksi pencurian.

“Aksi pencurian yang dilakukan tersangka sekitar pukul 02.30 WIB. Tersangka masuk melalui ventilasi lantai 4 rumah korban,” terang Kapolsek Medan Barat, Kompol Siswandi didampingi Kanit Reskrim, Iptu Oscar Setjo kepada wartawan di halaman Mapolsekta Medan Barat.

Siswandi menyebutkan, dalam penangkapan ini petugas berhasil mengamankan barang bukti dari tangan pelaku. “Dari tangan pelaku kita berhasil mengamankan barang bukti, satu unit gunting, ventilasi dan satu unit lemari,” sebutnya.

Diungkapkan Kapolsek, ketika pelaku hendak ditangkap oleh petugas kepolisian, tersangka Tio Purwanto mau nekad melakukan aksi bunuh diri dengan melompat dari lantai 5 rumah korban.

“Takut ditangkap polisi dan dihajar massa,  tersangka Tio Purwanto Sijabat mau nekad bunuh diri dengan melompat dari lantai 5 dari rumah korban. Namun beruntung  tindakan tersangka yang berupaya bunuh diri, urung terjadi setelah berhasil dibujuk oleh petugas Polsek Medan Barat,” ungkap Kompol Siswandi.

Ditambahkan Siswandi, berdasarkan keterangan tersangka menyatakan sudah lima kali beraksi di Pematangsiantar. Sayangnya, pria bertubuh kecil ini enggan menyebutkan hasil yang didapatnya.

Selain itu, tersangka berhasil ditangkap petugas kepolisian dan mendekam tiga bulan dipenjara guna mempertanggung jawabkan perbuatannya. Sedangkan di Medan, pelaku mengaku baru sekali dan rencananya hasil kejahatan digunakan sebagai biaya merantau ke Batam.

“Meski pengakuannya seperti itu, kami tidak langsung percaya. Diduga dia sudah belasan kali beraksi membobol ruko dan rumah mewah di Pematangsiantar. Sementara di Medan, akan kami cek kebenarannya dengan berkoordinasi bersama polsek lain. Sebab tidak tertutup kemungkinan ada laporan sejenis yang dilakukan TPS,” bebernya.

Sementara itu, menurut keterangan tersangka, dirinya nekad melakukan aksi bunuh diri karena tidak mau diamankan petugas kepolisian.  “Saya sudah dikepung polisi dan saya takut dipukuli massa, makanya saya mau bunuh diri, meloncat dari lantai 5,” ujarnya

Dijelaskannya, dirinya berhasil masuk ke rumah korban melalui ventilasi lantai 4 dengan mencongkel menggunakan sebuah gunting yang telah disediakan. “Saya masuk dari lantai empat, kemudian mencongkel ventilasi, dan masuk ke rumah,”terang Tio Purwanto.

Dalam aksi pencurian yang dilakukan tersangka dijerat dengan pasal percobaan perampokan Pasal 53 Junto 365 Kuhpidana dengan ancaman 5 tahun penjara.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

KAI Siapkan 44 Perjalanan Untuk Nataru

MEDAN, Waspada.co.id – Demi kelancaran masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. PT KAI ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.