_
Home / Warta / Politik / Pilkada Serentak Terancam Dualisme Parpol
Istimewa

Pilkada Serentak Terancam Dualisme Parpol

JAKARTA, WOL – Pimpinan Badan Anggaran MPR Muhammad Asri Anas mengatakan ada sejumlah persoalan yang ditemukan jelang berlangsungnya Pilkada serentak. Terbukti ada partai politik yang memberikan dukungan kepada dua calon.

“Temuan lain menyangkut Pilkada serentak adalah proses penyaluran dana desa yang diembel-embeli sebagai bantaun kepala daerah. Ini jelas-jelas tidak sehat”, kata Asri saat menjadi narasumber dialog pilar negara di Ruang Presentasi Perpustakaan MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/9).

Asri berharap, parpol bisa mengambil pelajaran pada pelaksanaan pilkada serentak tahap pertama. Sehingga pelaksanaan pilkada berikutnya tidak terulang lagi kesalahan yang sama.

Sementara itu, Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan tidak ada yang bisa menjamin bahwa pelaksanaan Pilkada serentak dapat berlangsung tanpa pelanggaran hukum. Sebab, pada tahapan awal Pilkada saja ada banyak persoalan oleh partai politik.

“Harus diakui di tataran legal frame masih ada persoalan yang belum selesai, tapi mau atau tidak Pilkada harus tetap  jalan,” kata Siti Zuhro yang juga menjadi narasumber dialog.

Menurutnya, persoalan akan semakin pelik karena awal 2016 Indonesia harus menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pada saat bersamaan, tahapan sengketa pilkada juga akan segera masuk ke persidangan.

Bangsa Indonesia hanya bisa berharap semoga calon yang diusung partai adalah orang-orang terbaik yang pantas memimpin daerah.(metrotvnews/data2)

Check Also

Kapolres Tanjungbalai Cek Kendaraan Dinas Pengamanan Pilkada

TANJUNGBALAI, Waspada.co.id – Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira, memimpin apel pemeriksaan seluruh kendaraan dinas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.