Hujan Deras Sebabkan 2 Kecamatan di Aceh Utara Banjir

Istimewa

LHOKSUKON, WOL – Hujan yang sangat lebat mengguyur Kabupaten Aceh Utara sejak sore tadi menyebabkan sejumlah desa di Kecamatan Kuta Makmur dan Geureudong Pase dilanda banjir, Jum’at (11/9).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Munawar, membenarkan informasi tersebut. Namun dirinya sejauh ini belum mengetahui secara detail desa mana saja yang diterjang banjir.

Sementara Kabag Humas Sekdakab Aceh Utara, Drs. Amir Hamzah, menyebutkan, banjir kiriman yang membuat sungai Geureudong Pase meluap, yang sampai dengan pukul 22.00 WIB menggenangi enam desa di Geureudong Pase.

Desa tersebut meliputi Desa Darussalam, Alue Awe, Rayeuk Jawa, Leubok Klit, Dayah Supeng, dan Peudari. Sementara banjir terparah yakni melanda Desa Darussalam dan Alue Awe.

“Laporan terkini yang saya terima dari Camat Geureudong Pase, Teuku Arahman Ansari, bahwa banjir saat ini melanda enam desa. Yang terparah yaitu di desa Darussalam dan Alue Awe,” kata Amir Hamzah kepada Waspada Online via pesan singkat.

Berdasarkan laporan Camat Geureudong Pase, tambah Amir, ketinggian debit air di Desa Alue Awe dan Darussalam masih bertahan satu meter. Sedangkan Kecamatan Kuta Makmur, sampai saat ini pihaknya belum terima laporan resmi dari Camat.

“Ketinggian air di desa alue awe dan darussalam masih bertahan satu meter, hal itu berdasarkan laporan yang kami terima dari camat. BPBD dan SAR saat ini sudah dilokasi mengevakuasi warga yang terjebak banjir,” jelas Amir mengutip laporan Camat Geureudong Pase.

Menurut Ketua Search And Rescue (SAR) Aceh Utara, Dahlan, banjir mulai datang sejak pukul 20.26 WIB. Hingga kini banjir terus meluas ke pemukiman warga.

“Sebagaimana laporan yang kita terima, banjir datang pada pukul 20:26 WIB. Personel pun sudah kami kerahkan ke lokasi dengan menurunkan boat karet bermesin untuk mengevakuasi jika ada warga yang terjebak banjir,” jelas Dahlan melalui pesan WhatsApp.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN