Hujan Deras, Puluhan Rumah Banjir Setengah Meter

Warga berdiri melihat rumahnya tergenang banjir setinggi lutut lebih di Jalan Sei Batang Hari Medan, Jumat (11/9). WOL Photo/gacok

MEDAN, WOL – Hujan deras mengguyur Kota Medan, mengakibatkan puluhan rumah tergenang air, Jumat (11/9) malam.

Pantauan Waspada Online di lapangan, hujan deras mulai pukul 21.00 WIB dan warga mulai sibuk memindahkan barang rumah tangga karena takut terkena genangan air.

Belum sempat memindahkan barang rumah tangga dengan cepat air masuk ke dalam rumah karena parit-parit (saluran) air yang dangkal tidak pernah dilakukan pengorekan bahkan gotongroyong.

Selain rumah warga tergenang air dan juga sejumlah ruas jalan tergenang air bahkan ada kenderaan yang mogok.
Sedangkan ruas jalan yang tergenang air antara lain, Jalan Titipapan, Jalan Sei Batang Hari, Jalan Sunggal, Jalan Gatot Subroto, Jalan Iskandarmuda, Jalan Gajah Mada Medan.

Sementara itu, Odi Rufino disapa Odi (50) penduduk Jalan Sei Batang Hari, Pasar I, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Sunggal mengatakan, rumah warga Jalan Sei Batang Hari tergenang air karena parit atau saluran air tidak pernah dilakukan pengorekan atau pembersihan.

Anehnya lagi, tidak pernah diadakan gotong royong. Dalam hal ini, Plt Wali Kota Medan diminta turun langsung ke lapangan dan tanyakan kepada warga.

“Plt Wali Kota Medan diminta camat turun ke lapangan untuk mendengar keluhan warga, apa masalah bila terjadi hujan turun. Pasti genangan air terjadi karena parit belakang rumah warga saluran airnya ke sungai tidak lancar,” ujar Odi Rufino.

Sementara itu, Elmi Widyanti warga Tangerang yang berkunjung ke rumah mertuanya Jalan Sei Batang Hari mengatakan, air menggenangi badan jalan dan rumah warga disebabkan sungai tidak mampu menampung air karena adanya penyempitan pinggiran sungai. Air menggenangi rumah warga setinggi lutut orang dewasa. Semua perabot warga terendam air.(wol/gacok/data1)

Editor: SASTROY BANGUN