Group Bisnis Media Harus Sinergikan Cetak dan Online

WOL Photo/cza

MEDAN, WOL – Pemilik group bisnis media diharapkan dapat mensinergikan produk media cetak dan elektronik dalam perkembangan era digital saat ini. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga eksistensi kedua media tersebut.

“Media online harus menjadi kontinuitas dari media cetak. Seperti Waspada Online dan Harian Waspada yang memuat berita peristiwa yang sama. Waspada Online membuat runtutan berita peristiwa itu, sedangkan Harian Waspada tinggal membuat summary dari berita yang ada di online,” kata Konsultan Media Indra Jaya Sihombing.

Selain itu, pembaca Harian Waspada bisa melakukan interaksi dalam sebuah forum yang dibentuk di Waspada Online. Ia mencontohkan, pembaca Harian Waspada bisa memberikan komentar atau pendapatnya mengenai sebuah isu di dalam konten yang sudah disiapkan di Waspada Online.

“Pandangan atau hasil pikiran mereka seperti yang biasanya dimuat di kolom pembaca Harian Waspada bisa ditampung di komunitas Waspada Online. Kemudian dari opini-opini tersebut bisa dibuat kompetisi penulisan features,” lanjut Direktur Unlimited Media Training ini, di Medan, Sabtu (29/8).

Kondisi ini diharapkan dapat meminimalisir persaingan diantara kedua bisnis media ini. Meski demikian, ia tidak menutup kemungkinan pembaca media cetak akan menurun seiring semakin berkembangnya media online.(wol/cza/data1)

Editor: SASTROY BANGUN