_
Home / Warta / Politik / Pilkada Serentak Tak Ada Masalah
Ilustrasi

Pilkada Serentak Tak Ada Masalah

JAKARTA, WOL – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut pilkada serentak tahun ini tidak ada masalah dan tinggal menunggu anggaran keamanan untuk Polri.

“Tidak ada masalah kok semua. Tinggal anggaran untuk keamanan untuk Polri yang memang masih separuh. Dulu kan gitu, wah KPU ribut, tapi bisa. Bawaslu sudah selesai,” kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (7/7).

Ia mengatakan bahwa dampak otonomi daerah semakin luas karena masing-masing daerah memiliki kekuatan untuk melakukan “bargaining”.

Tjahjo menegaskan, jika sampai ada pemda, baik gubernur maupun wali kota atau bupati yang tidak mau menganggarkan dana untuk pilkada maka akan terkena sanksi.

“Saya kira itu tanggung jawab, amanah UU, kalau sampai bupati, wali kota, gubernur tidak mau menganggarkan ya dia akan terkena sanksi,” katanya.

Pada rapat gabungan pemerintah, penyelenggara pemilu, dan DPR, akhir Juni lalu, Kemendagri mengklaim dana pengamanan pilkada yang sudah disetujui oleh pemda sebesar Rp645 miliar dari kebutuhan sekitar Rp1,1 triliun.

Data tersebut berbeda dengan apa yang diungkapkan Polri. Korps Bhayangkara melansir, pemda baru menyetujui dana pengamanan sekitar Rp363 miliar dari anggaran yang dibutuhkan Rp1,075 triliun.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Mendagri berharap Presiden Joko Widodo bisa segera menggelar rapat terbatas (ratas) terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 serentak.

Rapat terbatas tersebut untuk menindaklanjuti rapat gabungan yang mengungkapkan persoalan anggaran pengamanan pilkada.

Memang dari rencana pelaksanaan pilkada di sembilan provinsi dan 260 kabupaten dan kota, Mabes Polri menyiapkan sekitar 3.000 personel dimana kekuatan tersebut belum ditambah sekitar 225 ribu personel pengamanan aktif.(inilah/data1)

Check Also

KPK Tanggapi Peluncuran Mesin ADM oleh Kemendagri

JAKARTA, Waspada.co.id– Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk memudahkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.