_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Diperiksa KPK, Gatot Hanya Tersenyum
WOL Photo

Diperiksa KPK, Gatot Hanya Tersenyum

JAKARTA, WOL – Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho akhirnya memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini.

Gatot tiba di Gedung KPK dengan mengenakan baju coklat dan didampingi Pengacara Razman Arif serta seorang lainnya.

Gatot tiba sekitar pukul 09.38 WIB dan langsung masuk ke Ruang Tunggu KPK. Gatot mengabaikan pertanayaan media seputar pemeriksaan dirinya.

Namun, Gatot enggan memberi komentar kepada awak media soal pemeriksaannya di KPK dan hanya melempar senyum.

Hari ini merupakan panggilan kedua bagi Gatot dalam kasus dugaan suap PTUN Medan. Pada panggilan 13 Juli lalu, dia mangkir tanpa memberi alasan ke lembaga antikorupsi.

Perkara ini bermula dari penyidikan kasus korupsi Dana Bantuan Sosial dan Bantuan Daerah Bawahan (BDB) Sumatera Utara tahun anggaran 2012 dan 2013 yang menyeret mantan Kabiro Keuangan Sumut Ahmad Fuad Lubis. Kasus itu disidik Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Kasus Dana Bansos dan BDB Sumut sudah diputus bebas di Pengadilan Tinggi Sumatera Utara. Berbekal putusan PT Sumut, Ahmad Fuad Lubis balik memperkarakan Kepala Kejaksaan Tinggi atas kasus yang menyeretnya melalui Pengacara M. Yagari Bhastara alias Gerry dari kantor pengacara OC Kaligis.

Ahmad menggugat kewenangan penyelidikan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dalam perkara tersebut ke PTUN. Perkara ini dipegang Ketua PTUN Tripeni Irianto Putro dan Hakim Amir Fauzi, dan Hakim Dermawan Ginting. Ahmad Fuad Lubis pun diputus menang dalam gugatan di PTUN.

Usai putusan, KPK membekuk hakim dan pengacara tersebut pada Kamis 9 Juli lalu. Penyidik KPK menyita barang bukti USD15 ribu dan SGD5 ribu dari Ruangan Ketua PTUN Medan. Diduga saat itu mereka menerima uang suap yang diantarkan Gerry yang menjadi pengacara Ahmad Fuad.

KPK terus menelusuri dari mana sumber suap ini berasal. Lembaga antikorupsi berkeyakinan, uang yang ditemukan bukan berasal dari Gerry. Kemarin, KPK akhirnya menggeledah kantor OC Kaligis dan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho. (hls)

Check Also

Zakat ASN Pemprovsu Terkumpul Rp5 Miliar

MEDAN, Waspada.co.id – Zakat penghasilan dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.