Wacana Reshuffle Menteri, Puan Maharani Terancam?

Puan Maharani. (ist)

JAKARTA, WOL – Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio memperkirakan akan ada menteri yang di-reshuffle Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah ia meminta semua menterinya untuk mengumpulkan laporan kinerja selama enam bulan menjabat serta rencana kerja untuk enam bulan mendatang.

“Ya saya rasa ada yang di-reshuffle, minimal dirotasi, tapi saya rasa momen reshuffle tidak dalam waktu dekat, saya rasa minimal 30 hari depan,” jelas Hendri saat berbincang dengan awak media, Jumat (19/6).

Hendri melihat tiga dari empat menteri koordinator (menko) akan menjadi korban reshuffle dari mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Selain itu, beberapa menteri teknis diperkirakan juga akan terkena reshuffle, seperti Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, yang kerap mengeluarkan kebijakan yang tak menguntungkan publik.

“Beberapa kementerian teknis yang dinilai bertanggung jawab pada kondisi saat ini seperti Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian dan Menkumham berpotensi di-reshuffle,” ujar Hendri.

Terkait menko yang berpotensi untuk di-reshuffle, menurut Hendri hanya Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang tak akan menjadi korban reshuffle. Menurut Hendri, Jokowi tak akan me-reshuffle putri Ketua Umum PDI Perjuangan itu karena tak ingin hanya menguntungkan Jokowi semata.

Jokowi dinilai sangat berhati-hati menyangkut masalah ini. “Kalau Puan di-reshuffle citra Jokowi akan naik drastis,” pungkas Hendri.(okz/data1)