Breaking News
_
Home / Aceh / Bantuan Untuk Pengungsi Rohingya Rawan Penyelewengan
WOL Photo

Bantuan Untuk Pengungsi Rohingya Rawan Penyelewengan

LHOKSUKON, WOL – Bantuan dari berbagai elemen bahkan negara asing terus berdatangan untuk muslim Rohingya yang saat ini sudah satu bulan lebih ditampung oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

Namun, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) menilai pengelolaan bantuan tersebut tidak transparan. Pengelolaan dana itu bahkan terkesan ditutupi dan diduga rawan penyimpangan.

“Seharusnya pihak Imigrasi Lhokseumawe dan Dinas Sosial Aceh Utara yang mengelola dana bantuan untuk Rohingya mempublikasikan berapa dana yang diterima dan berapa yang keluar, tapi selama ini tidak ada sehigga diduga rawan terjadi penyimpangan,” ujar Sekretaris IPSM, Mukhtaruddin kepada Waspada Online, Senin (22/6).

Pihaknya mendesak supaya pengumuman daftar bantuan diposting di dinding mading supaya jelas dari mana sumbernya dan kemana bantuan itu keluar, baik berupa uang maupun barang. “Selama ini masyarakat tidak tahu berapa uang masuk dan uang keluar. Ini harus transparan karena ini bantuan publik, tidak boleh diselewengkan,” tegas  Mukhtaruddin.

Dirinya meyakini bahwa bantuan banyak datang sebagian besar dari negara-negara asing dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) yang telah menyumbang Rp50 ribu/jiwa setiap hari untuk Rohingya.

“Bantuan tersebut untuk makan. Sedangkan untuk makan pengungsi Rohingya sudah ada bantuan dari masyarakat berupa beras dan lauk,” katanya dengan tegas sembari mengakhiri perbincangannya. (wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Edy Apresiasi Perhatian Masyarakat ke Masjid Agung

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, mengapresiasi perhatian masyarakat terhadap pembangunan Masjid ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.